Masih ada Pekerjaan Jembatan dan Talud Tertunda

Alphius Toam (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) selaku pengelola penggunaan dana pasca bencana yang digelontorkan oleh pemerintah pusat, terus berupaya untuk menyelesaikan sejumlah pekerjaan fisik.

Pelaksana tugas harian kepala BPBD Kabupaten Jayapura,  Alphius Toam mengatakan, dari sejumlah pekerjaan yang dibiayai BNPB pusat itu, masih ada beberapa pekerjaan yang kemungkinan besar akan diselesaikan pada 2022 mendatang.

Dana hibah pasca banjir bandang itu di Kabupaten Jayapura yang dialokasikan dari BNPB yang nilainya Rp  275 miliar, khusus untuk infrastruktur ada 23 item yang dikerjakan.  Yang terbagi dalam lima pekerjaan air minum,  sembilan pekerjaan jembatan dan ada delapan pekerjaan talud sungai.

  Dari 23 item itu, ada tiga jembatan dan satu pekerjaan air bersih belum bisa dikerjakan atau dilaksanakan tahun 2021 ini.  “Pagu dana yang disiapkan untuk membiayai pekerjaan itu,  lebih kecil dari harga perkiraan sementara, ” jelas Alphius Toam kepada media ini, Senin (11/10).

Karena itu, pihaknya telah mengajukan permohonan perubahan ke BNPB pusat dan sementara ini sedang diklarifikasi oleh pihak BNPB pusat. Sehingga nantinya akan kembali dianggarkan untuk dikerjakan pada 2022.

“Karena itu mengalami perubahan dan kami sudah mengajukan permohonan untuk perubahan ke BNPB pusat, sementara diklarifikasi, nanti mereka akan kirim kembali lalu kami anggarkan Tahun 2022,”ungkapnya.

Pekerjaan yang tertunda ini lokasinya ada di Kaureh dan Yapsi. Sementara pekerjaan lainnya sudah berjalan normal.

Proses pekerjaan instalasi air bersih dengan talud pengaman sungai, berjalan lancar karena semua material untuk pekerjaan tersebut bisa dipenuhi dari lokal.  Pihaknya sangat yakin di bulan Oktober ini, bisa diselesaikan secara keseluruhan, kecuali jembatan.  Karena itu akan diperpanjang sampai November bahkan Desember tahun ini. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *