11 Atlet Peraih Emas di PON Jabar Dapat Hadiah Rumah

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw saat menyerahkan kunci pintu rumah kepada perwakilan atlet PON 19 Jawa Barat, Erni Sokoy di Perumahan Pemda Doyo Baru, Rabu (13/10). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si memberikan hadiah 11 unit rumah bagi atlet yang meraih medali emas pada PON 19, Jawa Barat.  Selain itu, ada satu pelatih dayung juga diberikan hadiah rumah layak huni.

Adapun rincian dari belasan atlet itu, atlet dayung 9 orang, Tarung Derajat 1 orang,  terbang layang 1, pelatih 1 orang.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw mengatakan, rencana untuk menyerahkan hadiah rumah kepada para atlet yang pernah berprestasi di level nasional maupun internasional itu sudah direncanakan sejak tahun sebelumnya.

“Dari proses itu, kita sudah hasilkan regulasi,  peraturan daerah untuk apresiasi seperti ini,”ungkap Mathius Awoitauw kepada wartawan usai, penyerahan perumahan itu secara simbolis, di perumahan Pemda Doyo Baru, Rabu (13/10).

Lanjut dia, para atlet yang menerima hadiah rumah itu, tidak lagi berurusan dengan pihak bank. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura yang akan menyelesaikannya. Sehingga para atlet ini hanya siap menempati rumah tersebut.

“Kita yang akan menyelesaikannya dengan bank, para atlet tinggal menikmati saja,”ungkapnya.

Dia memastikan, bantuan rumah ini hanya diberikan kepada para atlet yang berprestasi asal Kabupaten Jayapura yang telah berlaga pada PON 19 Jawa Barat dan juga termasuk mereka yang pernah menjadi delegasi mewakili Indonesia di ajang internasional.

“Entah sea games, tetapi mereka mendapatkan medali. Kalau yang beregu seperti, bola, volly, basket, nanti akan kita pikirkan itu,”ungkapnya.

Sementara itu, untuk atlet asal Kabupaten Jayapura yang telah meraih medali pada PON XX Papua, pihaknya masih akan diskusikan lagi dengan Pemerintah Provinsi Papua. Apalagi kata dia, Pemprov sudah menjanjikan akan memberikan hadiah kepada para atlet yang berhasil menyumbangkan  emas untuk PON Papua.

“Kita menunggu itu dulu, kitab tidak boleh mendahului pemimpin di atas kita. Kurang etikalah,”tandasnya.

Untuk diketahui, nama mantan atlet peraih medali emas pada PON 19 Jawa Barat yakni, Erni Sokoy dan Yoke Helmin Entong, Nesti Sokoy, Syome A. Monim, Stevani M.Ibo, Ivon Marlin, Viodita Kristi Sokoy, Ester Neki Suebu, Meyske Monim, Aksamina S. Deda, Fladiel, Yoram Monim.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *