Tuan rumah Juara UImum Tarung Derajat

Imanuel B Fakdawer atlet tarung derajat asal Papua (merah) berhasil meraih medali emas pada final kelas 49,1-52 kg setelah mengalahkan Marcel Ferdi Noor asal Kalimantan Timur di PON XX Papua 2021 yang bertempat di GSG Eme Neme Yauware, Kabupaten Mimika, Papua, Selasa (12/10/2021). (Foto: PB PON XX PAPUA 2021/Peksi Cahyo)

MIMIKA– Manajer tim tuan rumah Papua Fransiskus Pederikus diarak oleh atlet usai Papua dinobatkan menjadi juara umum cabang ini pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dengan total 10 medali yang terdiri dari empat emas, tiga perak, dan tiga perunggu, Selasa (12/10).

Bali menyusul pada peringkat kedua dengan koleksi empat medali emas, satu perak, dan tiga perunggu, selanjutnya Aceh pada peringkat tiga dengan perolehan tiga emas, satu perak, dan lima perunggu.

“Hari ini Papua juara umum tarung derajat, saya berharap Papua harus lebih maju ke depan untuk PON XXI agar bisa meraih juara umum juga di Aceh dan Medan (Sumatera Utara),” kata Ketua Harian Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (PB Kodrat) Brigadir Jenderal Polisi Syamsul Bahri di Mimika, Selasa (12/10)

Papua memperoleh medali emas setelah empat dari tujuh atlet putra dan putrinya memenangkan pertandingan final  PON Papua yang berlangsung di Gedung Serba Guna Eme Neme Yauware, Mimika, Papua.

Pada pertandingan pertama dalam  kelas putra 49,1-52 kilogram, Immanuel Fakdawer  meraih medali emas usai mengalahkan atlet Kalimantan Timur Marcel Ferdinoor.

Kemudian dalam kelas putri 45,1-50 kilogram, Beatriks Arwam meraih medali emas usai mengalahkan Vinka Widyaningrum dari Jawa Tengah.

Selanjutnya Akdamina S. Epa mengalahkan atlet Sumatera Barat Vebi Sesmita Husna dalam kelas putri 54,1-58 kilogram.

Terakhir, Robertus Asso meraih medali emas setelah menaklukkan Kandar Hasan dari Aceh pada kelas putra 70,1-75 kilogram.

Tarung derajat PON Papua diikuti oleh 20 kontingen yang di antaranya masuk 10 besar, yakni Papua, Bali, Aceh, Kalimantan Barat, Jawa Barat, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Jawa Tengah.

Peringkat 10 besar itu rata-rata memperoleh minimal satu medali emas, kecuali  Jawa Tengah. Pencapaian Jawa Tengah pada tarung derajat PON Papua ini adalah tiga medali perak dan empat perunggu.

Peringkat 11-20 ditempati oleh Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Lampung, Kepulauan Riau, Jambi, Banten, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Riau.

Total 68 medali diperebutkan dalam tarung derajat yang terdiri dari 18 medali emas, 18 medali perak, dan 32 medali perunggu.(Antara/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *