Tinggal Selangkah, BOP untuk PKBM Cair

Sergius Womsiwor, SPd, MPd (Sulo/Cepos)

MERAUKE-Tinggal selangkah lagi biaya operasional  pendidikan (BOP) yang ditunggu-tunggu  oleh PKBM  yang ada di Merauke dalam mendukung kegiatan tersebut akan cair. Pasalnya, pihak Bagian Hukum Setda Kabupaten Merauke telah menyiapkan SK bupati untuk segera ditandatangani sehingga dana yang bersumber dari APBN tersebut bisa cair.

    “Sudah ada pembicaraan  dengan Kabag Hukum lewat hubungan telepon seluler dimana pak Kabag Hukum  Viktor Kaisiepo menyampaikan bahwa  surat sudah siap dan tinggal ditandatangani Pak Bupati. Jadi pak Kabag  Hukum masih cari waktu yang tepat untuk membawa  surat itu karena saat ini beliau masih banyak tamu luar,” kata  Kepsek SMAN I Merauke Sergius Womsiwor, S.Pd, M.Pd yang selama  ini  terus berjuang dengan sejumlah PKBM di Merauke agar dana  tersebut bisa segera cair.

   Menurutnya,  BOP tersebut bisa cair  karena pihaknya dari forum PKBM langsung berurusan dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten  Merauke. Karena bidang PLS, kata Sergius betul-betul  lepas tangan.

  “Sehingga kami  forum PKBM yang berusaha agar angggaran  untuk operasional  PKBM ini bisa segera cair,’’ terangnya.

   Sebab, lanjut dia,  untuk operasional PKBM di Merauke  tidak ada sumber dana lain selain yang dialokasikan dari  pusat tersebut. Sementara dana Otsus Papua, kata  dia, dalam beberapa tahun  terakhir ini tidak ada yang dialokasi  untuk PKBM di Merauke. Padahal uangkap Sergius Womsiwor, terbanyak di PKBM adalah anak-anak asli Papua terutama anak yang putus sekolah maupun yang ada di kampung-kampung lokal.

    “Mudah-mudahan dalam minggu  ini  dana BOP tersebut bisa cair,” harapnya. Seharusnya, tambah  Sergius  Womsiwor, BOP tahap kedua  tersebut yang cair. Namun sampai  sekarang ini  belum ada yang cair. (ulo/tri)   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *