PON XX Meneguhkan Papua Bagian NKRI 

Tono Suratman (Sulo/Cepos)

MERAUKE-Ketua Umum Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Pusat  Tono Suratman mengungkapkan bahwa Pekan Olahraga Nasional XX yang digelar di Papua  tidak sekedar sebagai ajang untuk menunjukan prestasi olehraga dari setiap daerah yang ada di Indonesia, namun PON XX yang digelar di Papua mau meneguhkan  bahwa Papua merupakan bagian dari Negara Kesatuan  Republik Indonesia.

  “Mengapa? karena 34  kontingen datang ke Papua itu untuk bersama dengan saudara-saudaranya di Papua meneguhkan  persatuan dan kesatuan Indonesia di mata dunia.”ungkap Tono Suratman.

   Bahkan, lanjut Tono,  kita ini bersatu dan ivent olahraga PON Papua  XX tahun 2021 ini menunjukkan bahwa Papua pun sangat menerima dengan tangan terbuka saudara-saudara yang datang dari luar Papua.

  “Mereka melakukan aktivitas di Papua dengan aman, damai dan juga mendapatkan penghormatan yang luar biasa dari saudara-saudaranya dan mereka akan kembali  ke masing-masing  daerahnya bahwa Papua itu tidak seperti yang kamu baca di media, atau di media sosial media,” kata Tono   

   Suratman panjang lebar  saat menggelar konfrensi pers di Media Center Klaster Merauke,  Selasa (12/10).  Menurut Tono Suratman, nilai positifnya  jauh lebih banyak dari  pada hal-hal yang negatif. Karena itu, ia mengajak seluruh komponen anak bangsa  untuk meneguhkan   persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia  bahwa Papua  merupakan bagian dari NKRI  yang  warga negara Indonesia darimanapun boleh datang ke Papua karena mereka akan  terlindungi dan mereka juga akan diterima dengan baik.

   “Saya ulangi,  jadikan olahraga Nasional XX tahun 2021 ini sebagai  olahraga pemersatu bangsa dan pekan olahraga 2021 ini sebagai momentum kebangkitan bangsa Indonesia  dari masa   pandemi Covid-19. Indonesai bisa,” pungkasnya.  (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *