Bandara  Sentani Hadirkan Layanan PCR

Petugas medis saat melayani PCR di Bandara Sentani, Senin (11/10). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Pihak Angkasa Pura 1 Bandara Sentani, selaku operator Bandara Sentani akhirnya menghadirkan fasilitas PCR Covid-19 Bandara Sentani. Fasilitas ini secara resmi mulai beroperasi sejak Senin (11/10), kemarin.

Humas Bandara Sentani, Surya Eka mengatakan, PCR ini dibuka untuk umum. Artinya bukan saja diberikan kepada pelaku perjalanan.  Untuk biayanya sudah ditetapkan senilai Rp 525 ribu sekali periksa.

“Mekanisme untuk menghadirkan fasilitas ini agak panjang ya, Dinas Kesehatan Provinsi Papua datang untuk validasi dan asistensi sebelum disampaikan ke pusat untuk mendapatkan rekomendasi pembukaan layanan ini, “kata Surya Eka saat diwawncara media ini di Kantor AP1 Bandara Sentani, Senin (11/10).

Dia mengatakan, layanan PCR ini dilakukan setiap hari, mulai dari pagi sampai siang. Dimana pagi hari dimulai pada pukul 07.00 WITt sampai pukul 11.00WIT. Sementara hasilnya bisa diperoleh siang hingga malam hari. Kemudian untuk pelayanan siang dilaksanakan pada 11.00 WIT sampai sampai pukul 14.00 WIT, dimana hasil pemeriksaanya bisa diperoleh esok harinya.

“Bagi para pelaku perjalanan cukup menyesuaikan dengan waktunya untuk berangkat. Minimal H-1 mereka harus PCR. Kita juga tidak ada penerbangan malam di sini,” ujarnya.

Selain layanan PCR, AP1 juga masih menyediakan layanan pemeriksaan antigen bagi para pelaku perjalanan ke daerah tertentu yang memperbolehkan menggunakan hasil  pemeriksaan antigen. Saat ini, untuk layanan PCR ini juga dilakukan dengan menerapkan Prokes yang lebih ketat dari sebelumnya.

“Sekarang sudah siapkan fasilitasnya lebih tertutup, tidak lagi seperti kemarin. Untuk PCR disiapkan 2 bilik dan untuk antigen disiapkan satu bilik,”ujarnya.

Dia menambahkan, untuk menunjang pelayanan pemeriksaan di dua fasilitas tersebut, ada delapan  petugas yang disiagakan. Kemudian layanan itu juga masih dikerjakan pihak klinik Asa. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *