21 Atlet PON Terpapar Covid-19

Petugas medis saat melakukan pemeriksaan rapid antigen kepada para atlet sebelum bertanding di Venue Akuatik, Senin, (11/10). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Sebanyak 21 atlet yang mengikuti kegiatan PON terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan PCR.

“Kalau atlet sampai malam sudah 21 yang terkonfirmasi positif Covid-19,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura,  Edward Sihotang, ketika dikonfirmasi Cenderawasih Pos melalui sambungan telepon, Senin (11/10).

Dia mengatakan, dari 21 atlet itu, 4 diantaranya dinyatakan sembuh. Kemudian yang masih dinyatakan positif ini, ada yang menunjukkan gejala ringan, namun ada juga yang tanpa ada gejala.  Sebanyak 15 orang yang masih dinyatakan positif itu, saat ini sudah diisolasi secara terpusat di KM Tidar di Jayapura.

“Dari 17 itu, ada 15 pasien yang dirawat di KM Tidar, sedangkan yang dua orangnya isolasi secara mandiri di tempat tinggalnya, karena ada tempat khusus yang disediakan. Ada diantara mereka yang gejala ringan seperti pilek biasa,”jelas Edward Sihotang.

Dia menerangkan, 21 orang yang dinyatakan positif ini diketahui pada saat mereka hendak pulang.  Dia juga menjelaskan, selama menjalani pertandingan, mereka hanya dirapid antigen. Namun ada 30% itu ditemukan pada saat pemeriksaan sebelum pertandingan. Untuk atlet yang terkonfirmasi positif pada saat sebelum pertandingan, terpaksa dibatalkan untuk ikut bertanding.  Sementara 70% nya diketahui pada saat mereka diperiksa menjelang kepulangannya.

“Mereka ditangani di KM Tidar, kebetulan di sana juga ada tim dokter lengkap,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, pada saat kedatangan seluruh atlet maupun official ke Papua, pihaknya telah melakukan skrining covid melalui pemeriksaan rapid antigen.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *