Tim  Sepak Bola Putri Papua dan Jabar di Patai Final

Pemain Papua nomor punggung 18 Liza Armanita saat berduel dengan pemain Babel  (Humas PB PON XX Papua for Cepos)

MERAUKE- Tim sepak bola putri tuan rumah Papua dan Jawa Barat akan memperebutkan medali emas di laga final yang akan digelar di Stadion Katalpal Merauke, sore ini Senin  (11/10). Kedua tim tersebut  kembali  bertemu di final setelah memenangkan babak semi final  yang digelar pada Sabtu (9/10).

Pada babak semifinal, Papua berhasil  menghempaskan impian Bangka Belitung (Babel) untuk  melaju ke babak final dengan skor telak 4-0. Sementara dibabak yang sama, Jabar  memenangkan pertandingan saat berhadapan dengan DKI Jakarta dengan skor  3-0.

     Sebenarnya, pada  babak pengisihan Group A, Papua dan Jabar telah bertemu  1 kali.  Meski baru babak pengisihan,  namun laga kedua tim bak final. Pasalnya, kedua tim hampir bermian imbang dan keduanya juga  dijagokan untuk mendapatkan medali emas. Namun pada pertandingan babak pengisihan itu, Jabar  mengakui keunggulan tuan rumah Papua dengan skor 1-0.

   Pertandingan yang digelar hari ini akan diawali dengan perebutan medali perunggu antara DKI Jakarta dan Bangka Belitung  pada pagi harinya dimulai sekitar  pukul 08.30 WIT. Kemudian  untuk laga final  akan dimulai sekitar pukul 15.00 WIT.

Sudah dipastikan,  ribuan warga Merauke akan memadati stadion  Katalpal yang berkapasitas sekitar 10.000 orang tersebut.  Namun karena masih dalam pademi, sehingga panitia akan ketat melakukan penjagaan sehingga prokes tetap berjalan.

Artinya, akan banyak warga yang tidak bisa masuk ke dalam stadion Katalpal tersebut.   Sementara itu pada pertandingan semifinal antara Papua dan Babel pada Sabtu dihadiri sekitar 4.000  penonton.

Saat kick off,   tim tuan rumah Papua langsung menggebrak ke jantung pertahanan Babel  yang dimotori oleh kapten kesebelasan, Huci Helyani. Menghadapi tekanan tuan rumah, anak-anak Bangka Belitung ini tak kalah mental dan mengertak tuan rumah Papua dengan serangan balik melalui umpan lambung dari jarak jauh. Sayangnya, serangan Babel masih bisa diatasi barisan belakang tuan rumah yang dimotori kapten kesebelasan, Selly Wunungga (19).

Tim Papua kembali meningkatkan tempo serangan dengan menusuk ke jantung pertahanan Babel. Gempuran demi gempuran anak-anak Cenderawasih terus menusuk di kotak penalti Babel, namun selalu kandas dan belum berhasil membuahkan gol. Di menit ke-23 sebuah tendangan keras dari menyerang tuan rumah, Ina Paulanda Wetipo (21) masih bisa dicekal penjaga gawang Babel, Riska Julianti (1).

Namun, anak-anak Papua tak patah semangat dan terus menekan. Keempat gol tersebut tercipta melalui kaki Ina Paulanda Wetipo di menit  29 babak pertama.  Lalu, gol kedua dilesakkan pemain Papua nomor 17, Emmy Clarce Falentina Awes pada menit 68,  dan gopl ketiga melalui penyerang Papua  Selly Wunungga di menit ke-82.  Terakhir gol keempat   tercipta melalui pemain depan Papua   Laslen Tabuni  pada perpanjangan waktu normal 90 menit.  (ulo/gin)   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *