Pemprov Seharusnya Tentukan Satu Harga Noken

Bupati Mathius Awoitauw (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Hingga saat ini, pemerintah belum menetapkan standar harga noken yang dijual oleh mama-mama Papua. Sehingga hal ini yang menyebabkan harga noken kadang sangat mahal dan sulit dijangkau semua orang. Karena penentuan harga jual tersebut hanya dilakukan sendiri oleh pihak pengerajin noken.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si mengatakan, Pemerintah Provinsi Papualah yang harus mengambil inisiatif atau mengambil peran untuk menentukan standar harga pemasaran noken khas Papua di pasaran.

” Hampir di seluruh daerah ini kan belum dibicarakan baik.  Jadi masing-masing pengrajin dengan harga yang ditentukan sendiri.  Ini semestinya diatur kembali.  Pemerintah provinsi yang harus ambil langkah ini,”kata Mathius Awoitauw kepada wartawan di Sentani, Sabtu (9/10).

Menurut Bupati Jayapura dua periode itu, kondisi ini dinilai ada pembiaran yang terlalu lama. Mengapa provinsi yang harus menentukan satuan harga noken. Karena para pengrajin noken khas Papua ini tersebar di seluruh kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Papua,  dengan jenis sayang hampir sama.

“Sehingga ini memang harus diputuskan dan harus diinisiasi oleh pemerintah Provinsi Papua,”ungkapnya.

Standar harga untuk noken ini menurut Bupati Matius sangat penting agar ada kesamaan harga harga sesuai dengan standar yang dikeluarkan tentunya hal itu dipertimbangkan dari ketersediaannya dan juga tingkat kesulitan dalam pembuatan serta mendapatkan bahan bakunya.

Hal itu juga penting agar noken Papua bukan saja sekadar diminati oleh orang dari luar atau tamu yang datang. Akan tetapi mereka juga bisa membelinya dengan harga yang terjangkau. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *