Pemkab Akan Sediakan Lahan  untuk Bangun Rumah 

Bupati Merauke Drs Romanus Mbaraka saat mendampingi Presiden Jokowi saat peresmian  PLBN Sota Minggu (3/10) lalu. (Sulo/Cepos)

MERAUKE-Bupati Merauke  Drs Romanus Mbaraka, MT menyatakan siap  menyediakan lahan bagi masyarakat  asal Kabupaten Asmat yang tinggal di Merauke yang akan mendapatkan bantuan  perumahan dari Presiden  Republik Indonesia melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

   Kesiapan ini disampaikan  bupati Romanus Mbaraka, MT menjawab  pertanyaan media ini saat konfrensi pers beberapa hari lalu di Media Center Sub PB PON  Papua Merauke,  beberapa hari lalu.  Namun  untuk  masyarakat yang akan mendapatkan rumah dan lahan tersebut, kata bupati Romanus Mbaraka, akan didata terlebih dahulu terlebih dengan baik. Sebab diantara  warga Asmat  tersebut sebagian  tinggal di Merauke hanya musiman.

   “Kalau  belum punya KTP  Merauke kita akan fasilitasi dengan baik,” terangnya.

Sekadar diketahui, pada kunjungan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada  Minggu (3/10) ke Merauke, selain meresmikan  sejumlah infrastruktur yang dibiayai dari APBN seperti PLBN Sota dan Terminal Bandara Mopah Merauke, Presiden  Joko Widodo melakukan peninjauan vaksinasi Covid-19 yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Merauke.

  Disela-sela vaksinasi Covid-19   tersebut, salah satu warga  Asmat yang tinggal di samping Mako Lantamal  IX  Merauke, jalan Nowari kemudian berdialog dengan  Presiden. Warga tersebut  kemudian meminta bantuan rumah layak huni. Sebab, menurutnya pihaknya  tinggal di rumah yang tidak layak di atas tanah  milik orang lain.

   Presiden  kemudian meminta  Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  yang ikut dalam rombongan itu  untuk membantu bangunkan rumah di tahun 2022 mendatang antara 40-60 unit  rumah. Dimana Presiden  meminta bantuan Bupati Merauke Romanus Mbaraka, untuk menyediakan  lahannya. (ulo/tri)   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *