Lagi, Empat Atlet dan Ofisial Terkonfirmasi Positif Covid

Atlet anggar putra Jawa Barat, Anggi Williansyah (kiri) berusaha menusuk atlet anggar putra Riau, M Fadjri (kanan) pada final nomor Degen Individual Putra PON XX Papua di GOR Archilaus Sai, Merauke, Papua, Rabu, (6/10/2021). (Foto: PB PON XX PAPUA/Feri Setiawan)

MERAUKE-Daftar atlet, ofisial dan panitia pelaksana (Panpel) cabang olahraga (Cabor) PON XX Papua yang terkonfirmasi positif Covid-19 di kluster Merauke, bertambah.

Jika sebelumnya sebanyak 12 atlet dan ofisial yang  terkonfirmasi positif Covid-19, maka jumlah   tersebut bertambah 4 orang menjadi 16 orang.

Kepala Dinas  Kesehatan Kabupaten Merauke dr. Nevile R. Muskita dihubungi  media ini, Minggu (10/10) mengungkapkan, keempat  atlet dan  ofisial yang  terpapar Covid itu terdiri  dari satu panitia lokal dan  3 atlet serta ofisial Cabor anggar.  “Satu orang itu panitia lokal yang terkonfirmasi positif,” jelas Nevile.

Sementara 3 atlet anggar yang terkonfirmasi positif Covid-19 menurut Nevile berasal dari luar Papua. Ketiga atlet dan ofisial tersebut awalnya akan kembali ke daerah asalnya. Namun dari hasil swab antigen yang dilakukan, ketiganya dinyatakan positif Covid-19.“’Mereka akan balik ke daerahnya kemudian melakukan swab antigen. Dari situ ketahuan,” tuturnya.

Tiga atlet dan ofisial cabor anggar yang terkonfirmasi positif Covid-19 menurut Nevile terpaksa belum bisa pula ke daerahnya bersama dengan rombongan mereka. Pasalnya mereka harus menjalani karantina  dan perawatan sampai sembuh. “Mereka  menjalani isolasi terpusat (isoter) di  Hotel Akat,” tambahnya.

Dengan  tambahan 4 orang ini, maka jumlah atlet, ofisial dan   panitia pelaksana yang dirawat di Isoter Hotel Akat sebanyak  16 orang. Meski ada tambahan,   namun  Nevile mengaku belum ada klaster PON di  Merauke. Sebab, mereka yang terpapar  Covid-19 ini  tidak terinfeksi di Merauke tapi masih  dari daerah asal masing-masing. “Tapi, tetap kita antisipasi, jangan sampai terjadi klaster PON dengan penerapan  prokes yang ketat, menggunakan masker dan menjaga jarak,” pungkasnya. (ulo/nat)   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *