Turunkan 106 Relawan,  BNPB Siapkan Masker 433 Ribu Pcs   

Agus Riyanto. (Sulo/Cepos)

MERAUKE- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Republik Indonesia menurunkan sedikitnya 106 relawan  dari berbagai unsur yang ada di Kabupaten Merauke dalam rangka memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat  untuk tetap prokes  di tengah pelaksanaan PON  XX Papua.

   Kepala Sub Satgas BNPB Prokes  Agus Riyanto ditemui  di Kodim  sebagai base home dari BNPB Republik Indonesia di Merauke mengungkapkan bahwa kehadiran mereka di Merauke sebenarnya untuk membantu dan memperkuat Satgas Daerah  yang sudah ada. “Kehadiran kami di Merauke dalam rangka pelaksanaan PON ini adalah untuk membantu dan memperkuat  Satgas Daerah,” tandas  Agus.

    Dalam rangka itu, lanjut dia, pihaknya merekrut 106 relawan dari berbagai unsur yang ada di Merauke mulai dari perguruan tinggi, Orari, Semkom, Orari, organisasi  keagamaan, pramuka dan sebagainya. “Semuanya berasal dari Merauke, walaupun organisasi  ini ada di tingkat nasional. Kami tidak bawa dari Jakarta tapi memanfaatkan  teman-teman yang ada di Merauke,” jelasnya.

   Para relawan  ini disebar di 5 venue dari 6 cabang olahraga yang dipertandingkan di Merauke.  “Salah satu tugas mereka adalah membagikan masker kepada penonton yang datang tidak  memakai masker atau  sudah memakai masker  tapi kita berikan untuk persediaan mereka,” terangnya.

    Sebab, ungkap Agus Riyanto,  pihaknya  dari BNPB telah menyediakan masker sebanyak 433.000 pcs khusus untuk klaster Merauke. “Mereka juga menggunakan toa untuk terus mengimbau kepada  masyarakat  yang hadir untuk tetap prokes, salah satunya dengan menjaga jarak dan menggunakan masker,” katanya.   

   Ia melihat selain vaksinasi di Merauke yang sudah di atas 70 persen dari target, penerapan prokes di  Merauke  sudah mencapai 80 persen. “Kalau evaluasi kita  terkait penerapan prokes di Merauke  sudah cukup bagus sekitar 80 persen. Sedangkan 20 persen lainnya  diantaranya  tetap menggunakan  masker tapi di bawah dagu. Nah, itu yang terus kita   ingatkan juga agar tetap memasang  masker yang benar,” pungkasnya. (ulo/tri)   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *