Seharusnya Fokus Juga pada Penanganan Konflik Papua

Yan Mandenas. (dok/cepos)

JAYAPURA- Anggota Komisi I DPR RI, Yan Mandenas, mendukung penuh pelaksanaan PON di Papua. Mandenas juga mengaku bangga dengan suksesnya pelaksanaan opening ceremony PON Papua di Stadion Lukas Enembe, Sabtu (2/10) lalu.

Namun, Mandenas menyayangkan bahwa banyaknya kunjungan pejabat tinggi negara tak dapat dimanfaatkan untuk berdialog, termasuk bersama Presiden RI, Ir. Joko Widodo, perihal penanganan konflik di Papua.

“Sangat disayangkan dalam kunjungan banyak pejabat tinggi dari pusat, tidak dimanfaatkan dengan baik untuk bisa berdialog dengan Presiden RI, dengan turut melibatkan tokoh masyarakat untuk diskusi dan mencari solusi penanganan konflik di Papua,” ungkap Yan Mandenas kepada Cenderawasih Pos, Jumat (8/10) kemarin.

Pasalnya, hingga saat ini, konflik Papua telah memakan banyak korban, dari rakyat sipil, tenaga kesehatan, TNI/Polri, hingga aparat pemerintahan daerah. Demikian, dengan momentum PON yang menghadirkan banyak pejabat tinggi negara, maka seharusnya momen tersebut dapat juga membahas penanganan konflik di Papua.

“Seharusnya momen ini dapat dimanfaatkan dengan baik, selain PON, dapat juga berdiskusi penanganan terhadap konflik di Papua yang tak kunjung usai,” terangnya.

“Ya disayangkan karena momen kedatangan pimpinan tinggi negara ini hanya difokuskan pada pembukaan PON saja, sehingga tidak memberikan dampak besar bagi perubahan kebijakan dalam rangka penanganan konflik dan pembangunan,” jelasnya.

Kata Mandenas, masalah lain yang sifatnya jangka panjang perlu juga didiskuiskan dengan Presiden Joko Widodo untuk menata pembangunan Papua ke depan, termasuk mendorong percepatan pembangunan bagi masyarakat.

“Papua menjadi bagian penting yang seharusnya dibicarakan dengan presiden dan para menteri terkait yang hadir. Disayangkan karena momen kedatangan pimpinan tinggi negara ini hanya difokuskan pada pembukaan PON saja,” pungkasnya. (gr/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *