Karya Mama-mama Papua Perlu Mendapat Support dari Semua Pihak

Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM., dan Ketua TP PKK Kota Jayapura, Kristhina L. Mano, mendampingi Menteri PPPA, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, berbelanja Noken di Taman Imbi, Jumat (8/10) kemarin. (Gratianus silas/cepos)

JAYAPURA- Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati, melakukan kunjungan kerjanya di Kota Jayapura, Jumat (8/10) kemarin, dan menyempatkan waktunya untuk menyapa Mama-Mama Pedagang Asli Papua yang berjualan kerajinan Noken di Taman Imbi.

“Saya sangat bangga melihat mama-mama Papua ini menjadi sosok perempuan yang hebat dan luar biasa, dengan melihat ketangguhan mereka berkarya melalui kerajinan Noken yang sangat inovatif dan kreatif,” terang I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Jumat (8/10) kemarin.

Menteri Darmawati menyebutkan, karya mama-mama Papua ini perlu mendapat support dari semua pihak, dalam hal ini dibutuhkan pendampingan, baik dari tingkat pusat, kementerian/lembaga, pemerintah tingkat provinsi, maupun pemerintah kabupaten/kota.

“Wali Kota Jayapura saya apresiasi. Ini juga secara spontan disampaikan langsung mama-mama Papua yang berterima kasih karena diberikan tempat strategis di jantung Kota Jayapura untuk berdagang noken dan kerajinan kreatif lainnya di tengah momen PON Papua,” jelasnya.

Support Wali Kota Jayapura terhadap mama-mama pedagang asli Papua ini dinilai sangat penting karena menjadi wujud hadirnya negara, hadirnya pemerintah daerah  untuk bisa mendukung UMKM yang dijalankan kaum perempuan.

“Ini penting hadirnya negara, hadirnya daerah untuk bisa support mama-mama Papua. Mereka berkarya dan kita sediakan fasilitas bagi mereka untuk menjual karya mereka. Saya lihat perempuan Papua adalah perempuan yang hebat dan luar biasa, sehingga harus kita support,” tandasnya.

  Terpisah, Hal ini dikatakan  mama Mani Yeimo Kordinator Mama Noken Wilayah Meepago saat ditemui koran ini berharap agar masyarakat atlet dan official untuk membeli noken asli  langsung dari tangan mama-mama.

Senada dengan itu Sekda Kota Jayapura Frans Pikey, ia mengatakan bahwa sebagai dukungan kepada mama-mama dari Meepago, Saireri  dan Lapago, pemerintah Kota Jayaputa telah membantu tenda dan alat penerangan harapannya para atlet dan official datang beli noken di Taman Imbi.

Sementara itu dari pantauan Cenderawasih Pos, penjualan noken mama Papua di Taman Imbi sudah diminati para atlet dan official dari luar Papua dimana mereka mulai berdatangan membeli noken dengan berbagai jenis warna dan bentuk. (gr/oel/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *