Rimbawan di Merauke Berjuang Zero Fire Spot

Para Petugas Rimbawan siap untuk antisipasi kebakaran lahan dan hutan selama  pelaksanaan PON XX Papua tahun 2021 di Merauke. (Sulo/Cepos)

*Selama Pelaksanaan PON XX Papua 2021 Berlangsung   

MERAUKE-Dalam rangka mendukung  Pelaksanaan PON XX Papua yang sedang berlangsung, rimbawan di Merauke menggelar apel kesiapsiagaan Kamis (7/10). Diketahui, saat ini Merauke telah berada pada musim kemarau.

   Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merauke Ir. Hj Harmini, MSi, bahwa  PON XX Papua 2021 sedang berlangsung sehingga perlunya kesiapsiagaan dalam pengendalian hutan dan lahan di Papua khususnya di Kabupaten Merauke.

   “Kita  ketahui bersama bahwa Kabupaten Merauke merupakan salah satu daerah rawan kebakaran hutan dan lahan di Papua, terlebih saat ini akan memasuki puncak musim kemarau. Oleh sebab itu, diperlukan kerja sama seluruh elemen dan stakeholders terkait dalam meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan di tingkat tapak,” katanya.

   Dikatakan,  berdasarkan data, setiap tahun selalu terjadi kebakaran hutan dan lahan dimana luas kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Merauke merupakan penyumbang terbesar di Provinsi Papua. “Hal ini merupakan tantangan yang besar bagi kita tahun 2021 ini untuk dapat mengendalikan terjadinya kerhutla tersebut sehingga dampaknya berupa kabut asap tidak mengganggu pelaksanaan berlangsungnya PON XX Papua khususnya di Kabupatern Merauke,” jelasnya.

   Ditambahkan, semua pihak harus berperan aktif mengambil bagian dalam upaya pengendalian karhutla di wilayah ini agar event PON XX Papua di Kabupaten Merauke dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala kabut asap akibat karhutla.

   “Saat ini PON XX masih berlangsung, mari kita dukung para atlit berkompetisi secara fair dan prima tanpa asap karhutla hingga sampai penyelenggaraan PON XX ini berakhir. Mari kita sama-sama berjuang agar Merauke zero fire spot. Kalau atlet bertarung  di arena dengan lawan mainnya, kita juga bertarung dengan api di hutan maupun di lahan,” tambahnya.  (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *