PON Papua Identik Dengan Prestasi

Dr. Daniel Womsiwor (Yewen/Cepos)

JAYAPURA– Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX tahun 2021 pertama kali dilaksanakan di bumi cenderawasih. Hal ini merupakan sejarah baru bagi Indonesia timur, sebab bisa menyelenggarakan iven nasional empat tahun itu.

Kehadiran PON di Papua merupakan salah satu iven olahraga nasional yang mampu melahirkan atlet-atlet nasional yang kedepan dapat berkontribusi bagi bangsa dan daerah serta mengharumkan nama baik negara di kanca internsional nantinya.

Tak hanya itu, kata Pengurus Bidang Sport Science dan IPTEK KONI Provinsi Papua, Dr. Daniel Womsiwor bahwa PON di Papua sarat dengan prestasi yang ditonjolkan oleh para atlet dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia.

“PON Papua ini identik dengan prestasi, sebab menampilkan prestasi-prestasi dari para atlet yang datang dari berbagai daerah yang ada di Indonesia,” ungkapnya kepada Cenderawasih Pos kemarin.

Kata Daniel, venue-venue yang berstandar internasional dan nasional yang dibangun dan berada di Papua ini sebenarnya menampilkan PON Papua sebagai salah satu PON prestasi yang menyiapkan para atlet-atlet kedepan yang akan menghrumkan nama baik bangsa di kanca internasional kedepannya.

“PON Papua sebenarnya PON prestasi untuk jangka pendek dan jangka panjang Indonesia kedepan, terutama menuju olimpiade,”katanya.

Mantan petinju asal Papua ini mengatakan, Indonesia harus memanfaatkan olimpiade yang akan diselenggarakan, terutama di Australia untuk memperbaiki peringkat. PON Papua ini adalah pembinaan menuju ke olimpiade nanti di Australia.

“Hasil pertandingan harus dijaga, terutama para atlet dari luar Papua, termasuk tuan rumah Papua untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk melahirkan atlet-atlet yang bukan cuma juara, tetapi berpotensi untuk bersinar di tingkat nasional, terutama di Asia dan dunia,” ujar pria yang sehari-hari berprofesi sebagai dosen di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Cenderawasih ini. (bet/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *