Pemekaran PPS Disahkan 2020?

Presiden Jokowi didampingi Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MT., saat berbincang-bincang dengan Bupati Asmat, Elisa Kambu, S.Sos., di sela-sela peresmian PLBN Sota, Minggu (3/10).(Sulo/Cepos)

*Bupati Romanus Sebut Presiden Jokowi Beri Jaminan

MERAUKE-  Kunjungan Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo ke Kabupaten Merauke baru-baru ini tidak sekedar hanya meresmikan sejumlah infrastruktur yang dibiayai APBN mulai dari  terminal penumpang Bandara Mopah Merauke,   PLBN Sota, Rumah Sakit Korem 174/Anim Ti Waninggap, serta meninjau vaksinasi.

Namun kunjungan Presiden Jokowi ke Merauke kabarnya embawa pesan yang selama ini sudah lama ditunggu-tunggu oleh masyarakat  Selatan Papua yakni hadirnya pemekaran Provinsi Papua Selatan (PPS).

Bupati Merauke, Drs.  Romanus Mbaraka, MT., meyebutkan saat kunjungan orang nomor satu di Indonesia itu, dirinya  telah menyerahkan langsung dokumen dan aspirasi dari masyarakat bagian Selatan Papua.  Selain itu, Bupati Romanus Mbaraka juga telah menyampaikan secara lisan kepada Presiden Jokowi.

Dari penyampaian tersebut, Bupati Romanus Mbaraka mengklaim, Presiden Jokowi secara terbuka mengatakan bahwa  untuk PPS tersebut akan diproses segera di tahun 2022. “Secara teknis  juga Pak Mendagri  dan Pak Mahfud  mengatakan bahwa Rancangan Undang-Undang dan Rancangan Peraturan Pemerintah akan diajukan ke Badan Legeslasi Nasional (Balegnas) pada bulan Desember 2021,” ungkap Bupati Romanus Mbaraka menjawab pertanyaan  Cenderawasih Pos saat menggelar konfrensi pers di Media Center Sub PB PON XX Papua Kluster Merauke, Kamis (7/10).

Bupati Romanus Mbaraka juga memastikan bahwa Presiden Jokowi memberi jaminan tahun depan undang-undang terkait pemekaran Provinsi Papua Selatan sudah jadi tahun 2022.  ‘’Bapak  Presiden memberikan jaminan kepada saya bahwa tahun depan UUnya sudah jadi,” tegasnya.

Ditambahkan, untuk kelengkapan administrasi dari empat kabupaten  yang akan menjadi wilayah dari PPS  ini  yakni Merauke, Asmat, Mappi, dan Boven Digoel,  saat ini sedang  berproses. “Saat ini sedang berproses dan semuanya itu akan  jalan dengan baik,” pungkasnya. (ulo/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *