Komitmen Bantu Pemerintah Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

Pandam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono bersama Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si beserta sejumlah Forkopimda ketika menggunting pita sebagai tanda peresmian Pusat Kuliner The Hele'yo, di Kampung Sereh Tua, Kamis (7/10). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI– Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI  Ignatius Yogo Triyono bersama Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si  meresmikan pusat kuliner yang diberi nama The Hele’yo, di Kampung Sereh Tua, Kamis (7/10).

Dalam sambutannya, Pangdam Mayjen TNI  Ignatius Yogo Triyono, mengatakan, dalam menjalankan tugasnya, TNI Angkatan Darat selalu berpedoman pada Sapta Marga dan Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI.  Kemudian pada implementasinya, salah satu tugas TNI di dalam satuan kewilayahan adalah membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua, khususnya di wilayah Sentani, Kodam XVII/Cenderawasih bekerjasama dengan masyarakat wilayah Sereh Tua mengembangkan potensi ekonomi kerakyatan  yang berbasis pada kearifan lokal.

Hal ini juga berdasarkan inisiasi dari Letjen Purnawirwan Doni Monardo  untuk mengenalkan kuliner masyarakat Papua yang yang terkenal dengan produksi sagu yang melimpah.  Kesemuanya itu merupakan latar belakang berdirinya pusat kuliner itu.  Potensi Papua itu sangat besar, mulai dari memiliki sumber daya alam yang melimpah,  sumber daya manusia juga yang sangat berpotensi.

“Untuk itu kita padukan di satu tempat ini dengan hadirnya The Heleyo. Mungkin di sini kita bisa berwisata karena berdekatan dengan Danau Sentani yang sangat indah,”ujarnya.

Sementara itu, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw mengatakan, pusat kuliner yang dibangun oleh pihak TNI bekerjasama dengan masyarakat itu merupakan satu paket dengan pabrik sagu yang sudah dibangun dan diresmikan oleh pemerintah beberapa waktu lalu.

“Nanti kita terus bicarakan ke depan, ini pendekatan yang terbaik untuk Papua,” ungkapnya.

Dikatakan, pendekatan seperti ini bisa mempercepat kesejahteraan Papua.  Bahkan berbicara mengenai upaya untuk mensejahterakan masyarakat Papua ini, sebenarnya sudah pernah dibicarakan sebelumnya dengan pihak Pangdam XVII/ Cenderawasih. Begitu juga dengan bidang perkebunan dan bidang pendidikan khususnya sekolah sepak bola.

“Kemarin sedikit tertunda karena situasi Covid-19,  dan kesibukan mempersiapkan pelaksanaan PON, ” ujarnya. Kami berharap, ini bisa kita kembangkan menjadi pilot project, TNI masyarakat dan pemerintah daerah.  Karena saya yakin dengan pendekatan ini, kesejahteraan dan kedamaian akan kita ciptakan di Papua,”tambahnya. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *