Kendala Jaringan, Sidang Tetap Berlangsung Tatap Muka

Persidangan di Pengadilan Negeri Kelas II B Wamena yang tetap digelar secara tatap muka meski di tengah pandemic Covid-19. (Denny/ Cepos)

WAMENA-Di tengah pandemi Covid -19 ini yang masih berlangsung, mengharuskan proses persidangan itu menggunakan sistem online. Hanya saja,  karena kendala jaringan internet, sehingga untuk Pengadilan Wamena masih tetap menggunakan sistem tatap muka dengan aturan Prokes.

   Kepala Bidang Humas Pengadilan Negeri Kelas IIB Wamena Junaidi menyatakan, untuk proses persidangan di Pengadilan Negeri Wamena memang prosesnya hampir sama dengan sidang –sidang sebelumnya sebelum pandemi Covid -19, hanya saja Prokesnya yang lebih diperketat.

   “Kita di Wamena tidak sidang secara online karena disesuaikan dengan kondisi daerah, sehingga kita lakukan sidang tatap muka dengan Protokol kesehatan yang diperketat saja selama ini,”ungkapnya kepada Cenderawasih Pos Kamis (7/10) kemarin.

   Juned juga menyatakan, untuk protokol kesehatan yang ketat dalam melakukan persidangan itu adalah melakukan pembatasan kepada pengunjung yang datang ke persidangan atau yang masuk dalam ruang sidang, selain itu jarak duduk juga diatur, dan diwajibkan menggunakan masker selama mengikuti persidangan.

  “Ini langkah –langkah yang dilakukan Pengadilan Negeri Kelas IIB Wamena dalam melakukan persidangan, artinya meskipun sidang dibuka untuk umum namun tidak bisa semua warga masuk untuk menyaksikan persidangan itu,”jelasnya.

  Untuk aturan sidang secara Online, Kata Juned, sampai sekarang masih berlaku namun ini diperuntukan sesuai kebutuhan termasuk juga kondisi daerahnya. Ini ebenarnya opsi (Pilihan) agar bagaimana persidangan ini bisa tetap berjalan di tengah –tengah pandemi Covid -19, sidang online ini harus juga ada kesepakatan dari Majelis Hakim dan jaksa  dengan kondisi tertentu.

  “Artinya ada beberapa pertimbangan yang harus kita lakukan salah satunya melihat kondisi sarana dan prasarana dari Lapas Wamena juga untuk bisa menghadirkan terdakwa dalam sidang Online.”katanya. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *