Kalahkan Jabar 1-0, Papua Juara Group A 

Pencetak Gol Tunggal Atlet Sepak Bola Putri Provinsi Papua Liza Armanita Madjar antara Provinsi Papua yang tampil melawan Tim Jawa Barat yang berakhir dengan kemenangan Tim Provinsi Papua Atas Tim Provinsi Jawa Barat 1.0 di babak penyisihan Group pada Stadion Katalpal, jl. Garuda Mopah Lama, Kabupaten Merauke. Kamis 07/10/2021. (PB PON XX PAPUA/BILLY)

MERAUKE – Tim Putri Papua akhirnya  berhasil mengalahkan Jawa Barat dengan skor tipis  1-0 pada babak penyisian  Group  A di Stadion Katalpal  Merauke, Kamis (7/10) sore.  Gol semata wayang  tersebut tercipta dari  kaki pemain Papua punggung  10 Liza Armanita  Madjar di menit 43 babak pertama.

Liza  memanfaatkan bola  terobos di mulut gawang Jawa Barat yang dijaga oleh Diyana Herliana. Sejak kick off, Papua sudah  langsung menekan Tim Jabar yang diperkuat dengan beberapa atlet nasional.

  Beberapa kali bola Tim Papua  mengancam gawang Jawa Barat namun berhasil  dipatahkan  oleh Diyana  Herliana.  Setelah  menit 43, dengan memanfaatkan  bola terobos di mulut  gawang, Liza Armanita  berhasil  membuka kebuntuan tersebut dengan mencetak gol.

Kedudukan  berubah  menjadi 1-0.  Setelah kemasukan 1-0, Jabar  berusaha membangun serangan ke kubu  pertahanan Papua,  namun berhasil dipatahkan anak-anak asuh dari Priagung Dani Atmojo tersebut.

  Gol 1-0 untuk Papua tersebut bertahan hingga turun  minum.  Pada babak kedua, kedua  kubu  berusaha  saling menyerang.   Bahkan  Jawa Barat beberapa kali mengancam gawang Papua.  Agustina Kwano. Namun  berhasil  dihalau  oleh Agustina Kwano.  Di babak kedua ini, Papua mendapat tekanan dari Jabar.

Namun begitu, tak satupun berbuah gol ke gawang Papua hingga pluit panjang  skor  tetap 1-0 untuk Papua.  Dengan kemenangan ini, Papua menjadi juara group A dengan point 6.

Sementara  Jawa Barat yang menang 1 kali dari Papua Barat dengan skor 5-0 menjadi runner up dengan point 3. Keduanya  sama-sama maju ke babak semi final. Papua bertemu dengan Runnerup  Group B yakni Bangka Belitung (Babel) yang akan digelar pada Sabtu (9/10). Sementara Jabar  berhadapan dengan  juara Group B DKI Jakarta.   Pelatih Kepala Tim Putri  Papua Priagung Dani Atmojo menyampaikan syukur atas hasil yang diperoleh Tim Papua  tersebut.  Priagung Dani menjelaskan bahwa  dirinya selalu mengatakan bahwa setiap pertandingan adalah final.

‘’Hari ini adalah final. Betul-betuk atmosfir  yang kami rasakan buat kami Tim Papua dan sudah bisa melewati target kami. Ini semua karena Tuhan dan kerja keras dari semua,’’ katanya.

Menurutnya, tekanan yang   diperoleh di babak kedua tersebut akan menjadi pelajaran bagi Tim untuk menjadi evaluasi  dalam menghadapi Babel  di babak semifinal dan babak final.

‘’Ini menjadi  pelajaran bagi kami untuk pertandingan besok, karena masih ada yang lebih  berat lagi,’’ terangnya.

  Diprediksi, Papua  akan kembali bertemu  Jabar pada babak final  nanti. Sementara  itu, Manager Jawa Barat  H. Yoko Angga Surya mengaku merasa puas dengan hasil yang diperoleh tersebut.

‘’Untuk semifinal, kami akan menyiapkan pemain terbaik kita melawan DKI,’’ terangnya.

Menurut dia,  pihaknya sudah mengintip permainan    dari DKI dan telah menyiapkan jurus untuk menghadapi  DKI Jakarta.  Terkait kemungkinan akan bertemu dengan Papua di laga Final  nanti,  Yoko Angga Surya menjelaskan, bahwa pihaknya sudah tahu cara permainan dari Tim Papua.

‘’Kita juga  sudah   menyiapkan antisipasi. Kalau Papua tidak merubah cara bermain, kami sudah siap antisipasi,’’ tandasnya. (ulo/gin)    

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *