Tunjang Ekspor Ikan, Sejumlah Fasilitas Akan Dikembangkan

Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan bersama Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggeno dan  Menhub Budi Karya Sumadi didampingi Bupati Biak Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd  meninjau ikan di cold storage, Rabu (6/10). (Fiktor/Cepos)

BIAK-Menteri Koordinator (Menko) Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Panjaitan memboyong dua menteri ikut ke Kabupaten Biak Numfor, Rabu (6/10). Kedua menteri itu adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggeno.

   Dalam kunjungan itu, Menko Marves bersama dua menteri lainnya mengujungi sejumlah fasilitas penunjang pengelolaan sektor perikanan, termasuk fasilitas penunjang ekspor komoditas perikanan ke luar negeri.

   Adapun lokasi yang dikunjungi antara lain, Cargo Bandara Frans Kasiopo Biak, Pelabuhan Umum Biak, Pasar Semi Moderen Fandoy, Pelabuhan Pendaratan Ikan Fandoy, Cold Storage (gundang pendingin berkapasitas 200 ton) dan sejumlah fasilitas lainnya di Kawasan Sentra Perikanan Terpadu (SKPT).

   Baik Menko Marves, Menhub dan Menteri KP, datang melihat langsung dari dekat  sejumlah fasilitas yang akan mendukung kegiatan pengelolaan dan pemanfaatan sektor perikanan, salah satunya kegiatan ekspor komoditas perikanan.

  Rencananya sejumlah fasilitas itu akan dikembangkan lagi, bahkan akan dibangun baru. Salah satunya yang mulai akan dibangun tahun depan, tahun 2022 adalah Pelabuhan Perikanan Terintegrasi.

   “Sumber daya alam di Biak Numfor cukup melimpah, khususnya lagi di bidang sektor perikanan. Tinggal bagaimana kita mengelolanya secara serius, kita harus kerja dan kehadiran kami adalah ini adalah karena ingin Kabupaten Biak Numfor maju,” ujar Menko Marves saat memberikan sambutan sebelum makan siang bersama di Paray.

   Dalam kesempatan itu juga, Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd meminta ada kebijakan dari Menko Marves dan Menhub terkait dengan masih tingginnya biaya pengiriman Cargo yang dinilai menyulitnya investor dalam mengirim ikan ke luar negeri. Tingginya biaya pengiriman cargo juga dinilai akan menjadi salah satu kendala dalam meningkatkan kuantitas ekspor komoditas perikanan ke luar negeri.

  Bupati menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dari Menko Marves, Menhub dan Menteri KP yang akan memberikan dukungan serius terhadap pengembangan dan pengelolaan sektor perikanan di Kabupaten Biak Numfor.

  “Kehadiran Pak Menko Marves, Menhub dan Menteri KP adalah bentuk keriusan mereka dalam mendukung kemajuan pembangunan di Kabupaten Biak Numfor, terkait dengan itu kami menyampaikan ucapan terima kasih. Semoga rencana-rencana besar kita ini dapat terwujud untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Biak Numfor,”   pungkasnya.

“Kehadiran Pak Menteri di Biak juga menindaklanjuti sejumlah rencana-rencana besar untuk pengembangan Kabupaten Biak Numfor, khususnya dukungan terhadap pengelolaan hasil perikanan, ya salah satunya industry perikanan dan ekspor,” lanjut Bupati menambahkan.(itb/tri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *