Tawarkan Objek Wisata Seribu Musamus dan PLBN Sota 

Plt Kepala Dinas   Pariwisata Kabupaten Merauke Benhur Rentandatu, SE (kedua dari kiri) saat menggelar konfrensi pers dengan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merauke Thiasoni Betaubun, di  Media Center Sub PB PON XX Papua Klaster Merauke, Rabu (6/10). (Sulo/Cepos)

MERAUKE-Dinas Pariwisata Kabupaten Merauke mendorong dan  menawarkan  obyek wisata yang bisa  dikunjungi oleh para tamu yang datang dari luar Merauke terutama  atlet dan official PON XX Papua tahun 2021. Kedua  objek wisata tersebut adalah wisata alam seribu Musamus yang ada di Salor  Distrik Kurik kemudian Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota.

   “Dua objek wisata kita sampaikan seluas-luasnya kepada tamu kita yang datang ke Merauke untuk dapat dikunjungi. Yakni wisata seribu Musamus dan PLBN Sota,” kata  Plt Kepala Dinas  Pariwisata Kabupaten Merauke  Benhur Rentandatu, SE, pada konferensi pers di Media Center Sub PB PON XX Papua Klaster Merauke, Rabu (6/10).

  Benhur menjelaskan bahwa  untuk objek wisata Seribu Musamus  yang ada di Salor Distrik Merauke tersebut cukup unik dan hanya ada di Merauke. Tidak ada di tempat  lain.  “Kalau rumah semut yang dalam bahasa lokal Marind Merauke disini disebut Musamus itu tidak ada di tempat lain di Indonesia. Hanya ada di Merauke sehingga kalau perlu ini  wajib dikunjungi,” terangnya.

   Sementara  PLBN Sota merupakan titik nol beranda Indonesia paling Timur.  Terasa  belum lengkap datang ke Merauke apabila belum mengunjungi  tapal batas  Indonesia yang ada di Sota tersebut. Karena  yang disebut dalam lagu nasional adalah dari  Sabang sampai Merauke. “Jadi  kalau datang ke Merauke rasanya belum lengkap kalau tidak sampai ke PLBN  Sota,” tandasnya.   

   Apalagi sepanjang jalan menuju Sota,  mata dimanjakan dengan hutan dari Kayu Bus. Karena memasuki dan berada dalam Taman Nasional Wasur. Di sepanjang jalan itu juga ditemukan  sejumlah Musamus. “Ada juga kelompok pelaku wisata yang mengelola objek-objek yang ada. Misalnya, ada kelompok Mahuze Mandiri yang mengelola wisata alam di Kawasan Wasur serta objek wisata lainnya,” terangnya.

   Diakui, objek wisata yang ada di Merauke belum semaju di daerah lain. Namun begitu, ada keunggulan yang dimiliki oleh Kabupaten Merauke berupa wisata alam yang tidak dimiliki oleh daerah lainnya di Indonesia. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *