Sosialisasikan Hasil Penelitian, Arkeologi Gagas Rumah Peradaban

Sejumlah siswa SMA di Sentani saat mengikuti lomba mural yang digagas oleh Balai Arkeologi di Pantai Kalkote Sentani, Rabu, (6/10), kemarin. (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua khususnya di Klaster Kabupaten Jayapura, Balai Arkeologi Papua mengadakan atau menggagas rumah peradaban yang terletak di Pantai Kalkote, Danau Sentani.

“Kami dari Balai Arkeologi melaksanakan kegiatan di rumah peradaban ini, tujuannya untuk menyosialisasikan hasil peradaban dan penelitian Balai Arkeologi selama ini,”kata Ketua Panitia Rumah Peradaban Balai Arkeologi Papua,  Adi Dian Setiawan kepada wartawan di Pantai Kalkote, Sentani Rabu (6/10), kemarin.

Dikatakan, kegiatan ini menyasar masyarakat, terutama kalangan siswa mulai dari SD, SMP dan SMA khususnya yang ada di sekitar wilayah Danau Sentani.  Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat mempunyai kepedulian,  kepekaan dan rasa memiliki, kemudian mampu menjaganya terhadap benda-benda purbakala yang masih ada di wilayahnya.

Di hari pertama, pihaknya menggelar lomba untuk anak SMP yaitu melukis media kulit kayu. Kemudian hari kedua ,  mengadakan perlombaan melukis dengan media gerabah.

“Hari ini, hari terakhir, kami mengadakan lomba bagi siswa SMA,  jenis lombanya yaitu mural, ” ungkapnya.

Dia menyebutkan, tujuannya untuk menyosialisasikan hasil penelitian arkeologi yang ada di sekitar wilayah Danau Sentani.  Supaya masyarakat lebih tahu dan mengenal terutama siswa,  mencintai dan nantinya diharapkan bisa memunculkan rasa memiliki dan menjaga tempat-tempat bersejarah dan benda-benda bersejarah yang ada di sekitar Sentani.

” Ada beberapa tema yang kita angkat, terutama yang berkaitan dengan kebhinekaan,  kemudian nasionalisme dan pesan-pesan untuk menjaga dan merawat benda-benda bersejarah.  Kemudian karena ini bersamaan dengan PON, kami juga ada tema yaitu semangat dan spirit PON,”pungkasnya.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *