PB PON Didesak Realisasikan Janji Beli 25 Ribu Noken

Mama-mama pernjualan noken dari wilayah adat Meepago yang datang ke Jayapura untuk berjualan, di Taman Imbi, Jayapura, Rabu (6/10) kemarin. (Noel/Cepos)

JAYAPURA –  Solidaritas Pedagang Asli Papua (Solpap)  meminta kepada PB PON XX untuk menepati janjinya dengan membeli 25 ribu noken milik mama-mama Papua.

Sekretaris Solpap, Natan Tebai kepada Cenderawasih Pos mengungkapkan bahwa PB PON ingkar dengan janjinya sendiri yang akan menghargai karya dan kerajinan Mama Papua Dalam mengakomodir noken untuk event PON. “Kami minta kepada PB PON untuk menempatkan janji akan membeli noken milik mama mama  sebanyak 25 Ribu,” katanya.

Dia mengatakan sampai dengan saat ini belum ada realisasi dari pengurus besar pon yang didalamnya ada Gubernur Papua anggota DPR dan juga para kepala dinas yang belum merealisasikan janji tersebut.  “Sampai detik ini belum ada realisasi hingga Mama- mama buat stand tersendiri di Taman Imbi,” katanya.

Ia mengatakan sebagai reaksi dari janji PB PON yang ingin membeli noken sebanyak 25.000 noken itu, maka pengrajin noken di daerah Meepago menggunakan kapal datang ke Jayapura untuk menjual kerajinan mereka tetapi tidak direspon oleh pemerintah maupun pengurus PON dengan memberi tempat dan ruang dan juga membeli hasil karya mereka.

“Mama – mama noken bukan hanya datang dari  Jayapura saja  tetapi sudah ada datang dari daerah daerah,” katanya.

Untuk itu sesuai dengan janji dari telepon tersebut ia meminta agar PB PON tidak lepas tangan dan bisa mengakomodir Mama dengan membeli hasil jualan mereka karena pembelian itu sendiri akan bermanfaat bagi orang Papua sendiri dan ini merupakan kerajinan Mama yang seharusnya menjadi unggulan pada saat pelaksanaan PON, maka ketika memberikan medali seharusnya bersama dengan noken. (oel/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *