Harga Komoditi Pertanian Banyak yang Turun

Penjual cabai rawit dan bawang merah di Pasar Baru Youtefa Kotaraja saat berjualan malam hari. (Priyadi/Cepos)

JAYAPURA-Beberapa minggu ini harga cabai rawit lokal sudah tidak sampai ratusan ribu per kg nya.  Harga cabai rawit lokal terus mengalami penurunan karena sempat di harga Rp 40 ribu/kg, namun  kini sudah di harga Rp 70 ribu/kg.

Siti selaku penjual bumbu dapur di Pasar Baru Youtefa Kotaraja mengatakan, harga cabai rawit lokal saat ini sudah turun tidak sampai ratusan ribu. Hal ini disebabkan petani rawit lokal banyak yang panen, sehingga stok cabai rawit lokal banyak.  Bahkan untuk cabai keriting hanya Rp 20 ribu/kg.

  “Ya harga cabai rawit lokal dan cabai keriting memang mengalami penurunan jika dibanding beberapa minggu lalu. Saat ini cabai rawit lokal sudah Rp 70 ribu /kg, malahan sebelumnya pernah Rp 40 ribu/kg. Jika harga cabai rawit lokal turun,  tentu penjual tidak semangat karena pengunjung sekali beli cabai rawit bisa dipakai berhari-hari,”ucapnya, Rabu (6/10).

Dikatakan Siti,  walaupun harga cabai rawit lokal murah karena tidak sampai ratusan ribu, namun pedagang juga tetap masih mendatangkan cabai rawit kiriman dari Makassar yang harganya jauh lebih murah yakni hanya Rp 45 ribu/kg.

  Di tempat terpisah,  Rendi penjual bumbu dapur di Pasar Youtefa Abepura mengatakan, harga cabai rawit lokal sudah beberapa minggu ini turun,  namun sekarang sudah mulai naik karena sudah di harga Rp 70 ribu /kg. Sebelumnya harga pernah Rp 40 ribu/kg. Hanya saja cabai keriting ini yang masih turun yakni Rp 20 ribu/kg.

Sedangkan untuk harga tomat juga masih murah Rp 5 ribu /kg. Turunnya harga tomat disebabkan hasil panen petani banyak dan bersamaan sehingga harga tomat  turun sekali. Bahkan kalau beli dalam jumlah, harganya masih bisa turun.

Sementara itu, untuk harga bawang merah surabaya masih stabil Rp 45 ribu/kg sedangkan harga bawang putih Rp 35 ribu/kg. (dil/ary)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *