Sumbang 1 Emas, Taekwondo Papua Catatkan Sejarah

Taekwondoin Papua peraih Medali Emas, Glorya Rinny Keleyan (PBPON For Cepos)

JAYAPURA,- Atlet Taekwondo putri Papua, Glorya Rinny Keleyan berhasil mempersembahkan  satu-satunya medali emas untuk kontingen Papua di cabang olahraga beladiri taekwondo Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dalam partai final yang berlangsung di GOR Politeknik Penerbangan Kayu Batu, Kota Jayapura, Selasa (5/10).

Glorya sukses memenangkan duel atas taekwondoin Jawa Tengah, Tsamarah Tsabitah di babak final kyorugi putri kelas bantam under 53 kg.

Medali emas tersebut merupakan sejarah baru bagi taekwondo Papua di ajang PON.  “Iya, tercatat dalam sejarah taekwondo Papua bahwa kita di PON kali ini mendapatkan satu medali emas. Kalau tidak salah sudah 6 atau 7 kali kami mengikuti PON. Yang pertama kali dan di dapatkan di hari ke 5 (terakhir ),” kata asisten pelatih taekwondo Papua, Dody Iskandar.

Medali emas yang disabet oleh Glorya itu menjadi pelepas dahaga tuan rumah yang sebelumnya hanya mendapatkan medali perunggu dari nomor poomsae perorangan putri.

Selain medali emas yang ditorehkan Glorya, taekwondo Papua juga menambah 1 medali perunggu dari nomor kyorugi putra kelas berat 87 kg, Pradito Damas Pradana.

“Jadi hari terakhir ini kami taekwondo Papua mendapatkan satu medali emas dan satu medali perunggu. Jadi total keseluruhan kami Papua mendapatkan satu medali emas dan 2 perunggu di PON XX ini,” tuturnya.

Di partai final lainnya, Jawa Barat berhasil menambah 2 medali emas dari Dinggo Ardian Prayogo di nomor kyorugi welter putra 80 kg, dan Nicholas Armanto di nomor kyorugi 87 kg.

Sementara di nomor kyorugi putra 54 kg, medali emas diraih taekwondoin Jawa Tengah, Reinaldy Atmanegara dan di nomor kyorugi putri 46 kg disabet taekwondoin Bali, Ni Kadek Heni Prikasih.(PBPON/gin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *