Seni Budaya Sunda Ikut Tampil di Festival Kopi Papua dan UMKM

Kolaborasi 18 putra putri port numbay dan Saung Mang Udjo yang menampilkan alunan musik angklung di hadapan pengunjung di Festival Kopi Papua dan UMKM Kota Jayapura, Minggu (3/10) lalu. (Paul For Cepos)

JAYAPURA-Dalam rangka kolaborasi budaya antara Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Papua, dalam kegiatan  Festival Kopi Papua dan UMKM Kota Jayapura, pemerintah Provinsi Jawa Barat okut terlibat dan diberikan stand di festival tersebut dengan  menampilkan berbagai bentuk kerajinan maupun makanan-makanan dan produk-produk lokal, batik, baju, maupun kaos khas Jawa Barat.

“Kehadiran stand Jawa Barat ini juga memang didukung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan istrinya sebagai Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat, dalam kegiatan Festival Kopi  PON dan UMKM Kota Jayapura berlangsung di taman mesran,”kata Ketua Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan Papua, DrH. Entis Sutisna, SE.,MM., Selasa,(5/10)kemarin.

Entis menjelaskan Kesempatan itu, juga dihadirkan sanggar seni angklung saung Mang Udjo dalam rangka lebih mengenalkan angklung di bumi Papua. Dimana dengan lengkap mengirim perangkat pendukung beserta pelatih maupun instrukturnya untuk tampil membawakan 2 lagu.

  Musiknya diiringi dari angklung yang kebetulan untuk pemain sendiri memang menggunakan tenaga lokal dengan merekrut 18 putra-putri port numbay yang telah diberikan  pelatihan yang diselenggarakan di Jayapura, walaupun dengan waktu yang singkat dan latihan hanya 3 hari namun ke-18 putra-putri port numbay ini juga mampu menampilkan penampilan yang luar biasa dari 2 lagu yang ditampilkan.

  “Saya kira ini merupakan langkah awal dari Paguyuban Pasundan untuk mengembangkan kerjasama atau kolaborasi dengan kebudayaan Jawa Barat dalam hal ini warga Sunda dan Papua.

“Saya berharap bahwa kegiatan kolaborasi yang hadir di Jayapura yang dilakukan pada saat pembukaan event  ini akan mendorong bagi pengembangan ke langkah langkah ke depan dalam hal kerjasama kemitraan antara pemerintah Jawa Barat untuk pengembangan  ekonomi maupun seni budaya daerah karena perlu diketahui bahwa Gubernur Jawa Barat sangat memiliki jiwa Entertainment dengan memiliki kemampuan dalam hal mengolah sosial budaya dan juga bisa memotivasi untuk mengembangkan program Jawa Barat sahabat Papua adalah memahami bahwa orang yang ada di Papua harus menjaga diri dan harus selalu menjaga kehidupan berbangsa negara maupun membaur dengan masyarakat. (dil/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *