PON Papua Pintu Masuk Menuju Perubahan

Bupati Jyapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si  saat mendampingi sejumlah tamu ketika mengunjungi spot wisata di Kampung Yokiwa, Selasa, (5/10). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI– Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, MSi mengatakan, penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua, merupakan pintu masuk menuju perubahan di Papua.

“Saya optimis, PON ini pintu masuk untuk membawa perubahan di Papua,” ungkap Mathius Awoitauw saat berbincang dengan sejumlah tamu PON di Kampung Yokiwa, Selasa (5/10).

Dia mengatakan, penyelenggaraan PON di Papua sejauh ini sangat aman. Kemudian masyarakat adat juga terlibat dalam penyelenggaraan PON dengan caranya masing-masing. Mulai dari terlibat dalam UMKM termasuk hal lainya. Yang tak kalah penting juga bagaimana jaminan keamanan dan ketertiban masyarakat selama penyelenggaraan PON ini berjalan dengan baik. Karena itu, dia optimis, ke depan sejumlah venue yang bertaraf internasional yang ada di Kabupaten Jayapura ini akan dimaksimalkan dalam pemanfaatannya.

“Pentingnya mereka melihat keamanan yang kondusif,  dan penyambutan masyarakat juga bagus. Saya pikir saat ini mulai berkembang rencana-rencana baru, bagaimana Cabor yang ada ini akan memanfaatkan venue yang ada di sini, ” ungkapnya.

Bahkan kata dia,  fasilitas venue Hoky Indonesia sudah menginformasikan, akan menggunakan venue Hoky aoutdor Papua yang di Bambar, Kabupaten Jayapura pada kejuaraan Asia pada Februari 2022. Ini tentunya menjadi sebuah peluang besar untuk membawa perubahan besar bagi Papua kedepannya.

“Mungkin untuk Cabor Hoky outdoor ini akan dilaksanakan di Kabupaten Jayapura untuk pertandingan di tingkat Asia pada Tahun 2022 nanti.  Ini informasi yang sudah disampaikan oleh pengurus hoky pusat kemarin, ” bebernya. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *