Kasus Baru Menurun, Abaikan Prokes Meningkat

Khairul Lie (Robert Mboik Cepos)

SENTANI– Temuan kasus baru yang terpapar Covid-19 di Kabupaten Jayapura sejauh ini menurun, namun hal ini tidak sejalan dengan kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) seperti menjaga jarak, rutin mencuci tangan dan wajib menggunakan masker di tempat umum atau pada saat beraktivitas di luar rumah.

“Jumlah kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejauh ini menurun, tapi yang tidak mematuhi aturan Prokes cukup tinggi,”ungkap Khairul Lie, Selasa (5/10).

Dia berharap, menurunnya temuan kasus yang terkonfirmasi positif ini disebabkan program vaksin yang sampai saat ini terus digalakkan oleh pemerintah.  Meski di satu sisi, vaksin Covid-19 ini, kata dia tidak bisa menghambat penularan virus tersebut,  hanya saja apabila seseorang telah divaksin, tingkat kefatalannya bisa diminimalisir.

Karena itu, dia meminta kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Jayapura untuk tidak kendor terhadap penerapan aturan Prokes.  Karena sampai saat ini, penerapan aturan Prokes merupakan cara terbaik untuk mencegah tertular dari Covid-19.

“Mulai dari menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan itu yang harus diperhatikan oleh masyarakat untuk mencegah terpapar dari virus ini, ” ujarnya.

Dia menambahkan, beberapa waktu belakangan ini pihaknya melihat banyak masyarakat yang bepergian ke luar rumah atau ke tempat umum sudah mengabaikan Prokes, terutama masker.  Padahal penerapan protokol kesehatan ini dapat mencegah penyebaran Covid-19 ini.

Sampai saat ini secara kumulatif jumlah kasus covid-19 di Kabupaten Jayapura mencapai 3088 kasus,  dengan jumlah kesembuhan sebanyak 2984 orang atau sebanyak 96%.

” Yang meninggal dunia 118 orang,  kemudian yang masih dirawat sekitar 6 orang,”tambahnya.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *