Sikapi Bonus Demografi, Kualitas SDM Harus Ditingkatkan 

Staf Ahli Bupati, Tinneke Masnembra, SE,MM mewakili Bupati ketika menghadiri Dies Natalis STIKIP Biak yang ke-9, kemarin (Fiktor/Cepos)

BIAK-Sumber Daya Manusia (SDM)  Kabupaten Biak Numfor harus terus meningkat dari pendidikan dasar, menengah hingga perguruan tinggi. Demikan Staf Ahli Bupati Biak Numfor, Tinneke Masnembra, SE.,MM saat membacakan sambutan tertulis Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd ketika menghadiri Dies Natalis STIKIP Biak yang ke-9, kemarin

   Dikatakan, SDM Biak Numfor  juga harus memiliki daya saing lokal dan global untuk dapat memanfaatkan sumber daya alam (SDA) secara optimal. Begitu pula berupaya melakukan peningkatan SDM oleh karena itu, dalam hal tersebut maka peran perguruan tinggi di Biak, salah satunya STIKIP Biak akan sangat penting karena periode Bonus Demografi.

   Untuk itu, lanjutnya, maka Dari sekarang para sarjana harus siap memasuki era tersebut. Yakni dengan terus belajar dan meningkatkan SDM serta komptensi, menjadi pelopor dan penggerak di berbagai sektor pembangunan sesuai dengan minat, bakat dan profesi masing-masing, secara khususnya lagi di sektor pendidikan.

  “Peran dan kontribusi para sarjana STIKIP Biak akan senantiasa ditunggu, bagaimana kemampuannya mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama duduk di perguruan tinggi,” pungkasnya.

    Sekedar diketahui, pada tahun 2030-2040, Indonesia diprediksi akan mengalami masa bonus demografi, yakni jumlah penduduk usia produktif (berusia 15-64 tahun) lebih besar dibandingkan penduduk usia tidak produktif (berusia di bawah 15 tahun dan di atas 64 tahun).

Pada periode tersebut, penduduk usia produktif diprediksi mencapai 64 persen dari total jumlah penduduk yang diproyeksikan sebesar 297 juta jiwa. (itb/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *