Selama PON, Buka Penerbangan Sepenuhnya   

Drs. Dadang Indra Negara, M.Si (Sulo/Cepos)

MERAUKE-Selama pelaksanaan PON XX Papua, Pemerintah Kabupaten Merauke membuka sepenuhnya penerbangan komersial  yang dilakukan oleh Garuda, Lion Air dan Batik Air. “Sebelumnya dibatasi hanya 2 kali dalam semingggu untuk penerbang komersial yang masuk ke Merauke baik Garuda Indonesia, Batik Air dan  Lion Air. Tapi  sejak pelaksanaan PON XX digelar, penerbangan dibuka full. Artinya tiap hari  pesawat tersebut masuk ke Merauke,” kata Kepala  Otoritas Bandara Wilayah X Dadang Indra Negara, Senin (4/10) kemarin.

   Dadang juga menyebutkan bahwa Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah X  memiliki 3 bandara yang dipersiapkan sebagai pintu masuk tamu PON XX di Papua, yakni  Bandara Sentani Kabupaten Jayapura, Bandara Mozes Kilangin di Kabupaten Mimika dan Bandara Mopah di Kabupaten Merauke.

   Dikatakan, dari sisi adminstrasi, bandara-bandara ini telah mempersiapkan bandaranya masing-masing, sehingga dapat melengkapi kriteria yang ditentukan untuk dapat menerima tamu dari luar, yang akan mengikuti Pekan Olahraga Nasional di Papua di empat klaster penyelenggara.

   “Kita juga ada kerjasama dengan instansi lain seperti Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk mengendalikan masuknya virus Covid-19. Di antaranya, pemeriksaan Rapid Antigen dan PCR sesuai dengan aturan Kementerian Kesehatan terkait peduli lindungi,” ujarnya.

   Lanjut dikatakan, di tiga bandara tersebut, telah siap dengan berbagai hiasan, ornamen dan fasilitas untuk menyambut para tamu PON. Ditambah lagi kemarin, Minggu (3/10) telah diresmikan Bandara Mopah Merauke oleh Presiden Joko Widodo  menjadi tanda bahwa bandara siap untuk mendukung PON karena memenuhi kriteria.

   Menanggapi lonjakan harga tiket di Papua yang dikeluhkan masyarakat, Dadang menilai bahwa harga yang berlaku saat ini masih di bawah batas atas. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *