Perebutkan 15 Medali Emas,  Cabor Catur Diikuti 100 Atlet 

Bupati Merauke Drs Romanus Mbaraka dan Kapolda Papua Irjen Polisi Mathius D. Pakiri  saat menbuka pertandingan Cabor Catur di Merauke dengan melakukan tanding eksebisi antara Kapolda dan Bupati Merauke, Senin (4/10) (Sulo/Cepos)

MERAUKE – Pertandingan cabang olahraga (Cabor)  Catur  PON XX Papua mulai  digelar di swiss Belhotel Merauke,  Senin (4/10).  Pertandingan ini dibuka langsung oleh Bupati Merauke Drs Romanus Mbaraka, MT   bersama Kapolda Papua Irjen Polisi Mathius D. Pakiri.

Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Cabor Catur Sonny Ropa   kepada wartawan mengungkapkan bahwa pertandingan yang diikuti 100 atlet dari 23 provinsi ini memperebutkan 15 medali emas.

  ‘’Menggunakan sistem bertanding  sampai habis,’’ katanya.

Menurutnya, pertandingan pertama dimulai dengan catur kilat dengan waktu  5 menit. Setelah  itu dilanjutkan dengan catur cepat.  Lalu catur  beregu dan terakhir  perorangan.

Sony  Ropa mengaku bahwa setiap atlet yang mewakili daerahnya dalam PON XX Papua ini dilakakukan seleksi secara ketat. Yang  diawali dari seleksi tingkat kecamatan, lalu kabupaten selanjutnya  provinsi.   Seleksi terakhir lewat Pra PON.

‘’Jadi seleksi  terakhir  itu lewat Pra PON,’’ jelasnya.

Berkaitan  peta persaingan,  Sony Ropa menjelaskan bahwa pemain yang tampil pada PON ini rata-rata sudah pernah membawa nama provinsi bahkan menjadi atlet nasional.

‘’Rata-rata yang datang ke sini memiliki kemampuan  yang  sama.  Pertandingan ini  sangat ketat dan sangat seru. Karena  atlet yang ikuti pertandingan  ini adalah atlet yang berkopeten dan yang seleksi  dari awal sampai akhir provinsi,’’ terangnya.

Meski  begitu, diakui Sony  Ropa  bahwa ada beberapa kontingen yang sedikit menonjol seperti DKI Jakarta, Jawa Timur, Jabar  termasuk Papua.

‘’Rata-rata bagus . Tapi   tergantung kemampuan fisik  dari atlet yang bertanding sekarang ini,’’ tambahnya. (ulo/gin)   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *