Bupati Keerom Panen Ikan Air Tawar di Wembi

Bupati Keerom, Piter Gusbager, S.Hut., MUP bersama forkompimda, saat melakukan panen raya terhadap ikan air tawar berupa lele di kolam milik kelompok masyarakat yang berada di Kampung Wembi, Distrik Manem, Kabupaten Keerom, Senin (4/10). (Yewen/Cepos)

KEEROM- Bupati Keerom, Piter Gusbager, S.Hut., MUP bersama  Forkopimda melakukan panen raya terhadap ikan air tawar yang terdiri dari ikan lele, ikan mujair dan ikan mas milik kelompok masyarakat yang berada di Kampung Wembe, Distrik Manem, Kabupaten Keerom, Senin (4/10).

  Panen raya ikan air tawar ini merupakan usaha yang dilakukan oleh kelompok masyarakat yang bekerja sama dengan Yayasan Kapra, Samdana Institute dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Keerom, sehingga bupati selaku kepala daerah diundang untuk menghadiri panen raya tersebut.

  “Walaupun panen ikan tadi (kemarin-red) masih skala rumahan dan belum skala industri, tetapi kita memberikan apresiasi dan dukungan bahwa apa yang dilakukan ini merupakan harapan bagi masyarakat Wembi. Mereka sendiri menatap masa depannya secara mandiri,” ungkapnya.

  Lebih lanjut, Gusbager mengatakan, masyarakat Wembi tidak boleh bergantung kepada siapapun. Tapi masyarakat Wembi harus mandiri dengan apa yang dimiliki sekarang, mulai dari air, lahan mereka bisa menanam pohon durian dan bisa membuat kolam untuk budidaya ikan air tawar.

  “Kita harapkan ke depan setiap kampung bisa menjadi kampung mandiri. Masyarakatnya mandiri, ekonominya mandiri, dan mereka akan melihat masa depannya sendiri di atas kemandirian yang mereka miliki,” ucapnya.

   Gusbager menyatakan, ketika masyarakat mandiri, kampung mandiri, maka pemerintah daerah akan mudah sekali untuk bekerja sama dalam membangun kabupaten ini bisa lebih baik lagi kedepan.  “Saya pikir ini sebuah harapan bagi masyarakat Wembi. Tidak hanya budidaya ikan air tawar, tetapi kita akan lihat fanili, durian, duku dan lain-lain. Kita akan berikan program dan kita akan lakukan pendampingan,” ujarnya.

   Di sela kegiatan, Bupati Gusbager juga memberikan bantuan kepada pembangunan Gereja Katolik di Wembi, pemberian bahan makanan sebanyak 200 paket, dan meninjau langsung SD YPPK Wembi untuk dilakukan perbaikan, lantaran mengalami kerusakan pasca bencana alam yang terjadi beberapa bulan yang lalu. Tak hanya itu, bupati akan membantu satu paket alat musik kepada Distrik Manem yang akan dikelola oleh pemuda di Kampung Wembi. (bet/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *