APBD 2021 Alami Pengurangan Rp 50,9 Miliar   

Ketua DPRD Kabupaten Merauke Ir. Drs Benjamin Latumahina saat menandatangani berita acara terkait persetujuan DPRD Kabupaten Merauke terhadap Raperda APBD Perubahan 2021 menjadi Perda, Senin (4/10) kemarin.   (Sulo/Cepos) 

MERAUKE- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke menerima Rancangan Peraturan Daerah  (Raperda) APBD Perubahan 2021 yang diajukan oleh Bupati Merauke untuk ditetapkan menjadi Perda.  Namun  APBD  Perubahan Kabupaten Merauke tahun 2021  itu mengalami pengurangan  sebesar Rp 50,9 miliar lebih.

     Raperda  APBD Perubahan 2021 ini diterima  oleh DPRD Kabupaten Merauke setelah gabungan fraksi-fraksi DPRD  Merauke yang dibacakan oleh salah satu anggota DPRD Merauke Dormasan Pasaribu menyatakan menerima Raperda APBD Perubahan 2021  tersebut.

   “Gabungan fraksi dewan dengan ini menyatakan menyetujui penetapan Raperda Perubahan APBD Kabupaten Merauke tahun  2021  dengan keputusan DPRD untuk selanjutnya ditetapkan menjadi Perda,” kata Dormasan  Pasaribu.

    Sebelum perubahan, APBD induk 2021 ditetapkan sebesar  Rp 1,95 triliun lebih. Sementara setelah  perubahan menjadi Rp 1,899 triliun lebih. Begitu juga dengan belanja yang sebelum perubahan  sebesar Rp 2,04 triliun dan setelah perubahan menjadi Rp 1,936 triliun lebih, atau berkurang sebesar Rp Rp 104,5 miliar lebih. Pengurangan APBD  Kabupaten Merauke ini  terkait dengan adanya pemotongan  transfer  dana dari pusat untuk penanganan Covid serta koreksi dari PAD  Kabupaten Merauke yang sebelumnya ditetapkan  sebesar Rp 170 miliar menjadi Rp 164 miliar.

   Terkait dengan hal tersebut, gabungan  fraksi  DPRD Kabupaten Merauke mendorong pemerintah daerah untuk meningkatkan upaya-upaya optimalisasi potensi pendapatan daerah dan upaya konkret untuk meningkatkan PAD pada masa yang akan datang. “Untuk  meningkatkan PAD maka perlu menggali sumber-sumber pendapatan yang baru dan tetap melakukan program pro rakyat akibat imbas Covid-19,” kata  Dormasan Pasaribu. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *