RK Serahkan Rp 100 Juta untuk Pembangunan Gereja

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil  menitipkan sumbangan Rp 100 juta, dari masyarakat Jawa Barat untuk membangun gereja di kampung adat Yoboi kepada perwakilan warga Yesaya Tokoro Sabtu (2/10) lalu. (Entis For Cepos)

*Juga Ajak 5 Pemuda Kampung Yoboi ke Bandung 

JAYAPURA-Selama berada di Tanah Papua, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyempatkan diri berkunjung ke sejumlah tempat tak hanya di Kabupaten Jayapura, tapi juga di Kota Jayapura serta bertemu dengan masyarakat Pasundan yang ada di Tanah Papua.

Kang RK (baca: Ridwan Kamil) memberikan wejangan kepada warga Pasundan di tanah perantauan (Papua) agar selalu menjaga diri, menjaga nilai tradisi kebudayaan yang ada di sunda dan tetap menerapkan rasa asah, asih, asuh sebagai warga pasundan di perantauan dengan tetap memegang teguh filosofi “Dimana Bumi dipijak Disitu Langit Kita Junjung”.

  Selain itu,  Kang Ridwan Kamil juga datang ke  Kampung wisata Yoboi, Sentani, Jayapura, Provinsi Papua dalam kunjungan kerjanya, Sabtu (2/10), dimana tetua adatnya adalah Alumni STKS Bandung Yesaya Tokoro. Kampung ini sedang dibantu oleh alumni Bandung untuk ditata dan dilatih menjadi Kampung wisata yang berkelanjutan dan juara.

Karena Yoboi sendiri merupakan salah satu dari 50 desa yang masuk dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Kampung ini berada di tepi Danau Sentani.  “Saya  memberikan oleh-oleh untuk anak-anak di sana berupa alat tradisional Sunda berupa kolotok dan peluit. Program berikutnya 5 pemuda dari kampung Yoboi  akan dikirim ke Bandung untuk belajar ekonomi kreatif dan mengolah bambu,”ucapnya.

Kang Ridwan Kamil  juga menitipkan sumbangan Rp 100 juta, dari masyarakat Jawa Barat untuk membangun gereja di kampung adat yang belum rampung diserahkan kepada perwakilan warga Yesaya Tokoro. Sambil berbatik ria karena ini adalah hari batik nasional.

Dan tak lupa Kang Ridwan juga memberikan motivasi kepada Kontingen Jawa Barat yang bertanding di PON XX Papua untuk tetap Menjunjung tinggi sportivitas dan terus berprestasi jadikan ajang PON XX ini juga sebagai sarana perekat pemersatu anak bangsa dari ujung  timur Indonesia.

Sementara itu, Ketua Pengurus Wilayah Paguyuban Pasundan Papua Dr. H. Entis Sutisna SE.,MM.mengaku bangga dan senang karena Gubernur Jawa Barat Kang Ridwan Kamil selain peduli dan perhatian kepada warga pasundan papua, Kang Ridwan Kami juga pedulin dengan OAP, ini terbukti dengan memberikan bantuan sekaligus mengajak 5 pemuda Kampung Yoboi bisa ke Bandung untuk diberikan pelatihan peningkatan kemampuan dalam ekonomi kreatif.

Nikolas jouwe mewakili alumni bandung merasa senang dengan kehadiran kang emil dan terima kasih sudah mensupport para alumni bandung dalam mengembangkan potensi wisata di kampung yoboi.

Entis berharap, kunjungan Kang Ridwan Kamil tidak kali ini saja, namun bisa dilakukan kapan saja dimana saja di Papua. Karena hadirnya Kang Ridwan Kamil membawa nama harum masyarakat pasundan papua atas dedikasi dan perhatiannya serta berharap kolaborasi jawa barat dan papua akan banyak melibatkan kaum milenial. (dil/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *