Presiden Sebut Kawasan Perbatasan Wakili Wajah Bangsa

Presiden Jokowi didampingi Ketua DPR RI Puan Maharani dan Menteri PUPR M. Basoeki Hadimoeljono menabuh tifa saat meresmikan PLBN Sota, Kabupaten Merauke, Minggu (3/10).  (Sulo/Cepos)

*PLBN Terpadu Sotta dan Terminal Baru Bandara Mopah Diresmikan

MERAUKE-Setelah membuka perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021 di Stadion Lukas Enembe, Sabtu (2/10) malam, Presiden Ir. H. Joko Widodo melanjutkan kunjungan kerjanya di Kabupaten Merauke, Minggu (3/10).

Di Merauke, Presiden Jokowi meresmikan terminal baru Bandara Mopah dan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Sot.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa PLBN Sota merupakan yang ke-8 dibangun di Indonesia dan yang kedua di Papua setelah Skouw, Kota Jayapura.

Kepala Negara menyebutkan, kawasan perbatasan adalah beranda depan Indonesia yang  mewakili wajah bangsa, yang harus terus dibangun agar bisa menjadi presentasi kemajuan Indonesia yang membanggakan seluruh warga Indonesia.

“Karena itu, sejak 7 tahun  terakhir, saya memerintahkan kembali untuk membangun pos lintas negara di berbagai titik di seluruh tanah air. Dengan wajah baru, dengan tampilan baru dan juga yang paling penting cara-cara pelayanan yang baru, yang baik dan  menjadi cerminan komitmen kita untuk membangun Indonesia dari kawasan perbatasan,” bebernya.

“Saya melihat, PLBN Sota ini dibangun dengan konsep yang terintegrasi memiliki fasilitas yang lengkap. Ada bangunan komersial, ada fasilitas umum dan sosial,mess pegawai dan tempat ibadah. Ada pasar, ada parkir dan  infrastruktur pendukung lainnya,” sambungnya.

Presiden berharap, PLBN Sota memberikan pelayanan yang lebih baik dan nyaman kepada masyarakat Indonesia yang akan melintasi perbatasan Indonesia menuju PNG, serta meningkatkan keamanan di wilayah perbatasan serta mendorong pertumbuhan sentra-sentra ekonomi baru dan membuat masyarakat  di perbatasan semakin cinta dan bangga terhadap negara kita Indonesia.

Presmian PLBN Sota ditandai penabuhan tifa yang dilakukan Presiden Jokowi, ketua DPR RI Puan Maharani dan Menteri PUPR, M. Basoeki Hadimoeljono.

Sebelum peresmian, Menteri Dalam Negeri  Tito Karnavian memberikan laporan terkait  dengan PLBN Terpadu Sota tersebut.  Sesuai data yang ditampilkan oleh PUPR, pembangunan PLBN Terpadu Sota  tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp 114,04 miliar dan menempati lahan seluas   5,6 hektar. Jenis bangunan inti dan bangunan pendukung serta fasilitas umum  dan fasilitas sosla denga ketinggan bangunan 1-2 lantai. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Hadir dalam  peresmian tersebut Ketua DPR RI Puan Maharani, Menko Polhukam M. Mahfud MD, Mendagri Tito Karnavian, Panglima TNI  Hadi Tjahjanto,  Menteri PUPR M.Basoeki Hadimoeljono,  Menteri Investasi Bahlil Lahadia, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakiri, Bupati Merauke Romanus Mbaraka, Bupati Asmat  Elisa Kambu dan sejumlah pejabat lainnya.

Selain meresmikan PLBN Sota, Presiden Jokowi juga meresmikan Terminal Baru Bandar Udara Mopah. Peresmian itu, ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi dalam sambutannya menyampaikan, sebagai negara besar dengan rentang wilayah yang sangat luas, membutuhkan konektivitas agar bisa saling terhubung yang mempersatukan sebagai satu bangsa.  “Bandara Mopah Merauke yang berada di ujung paling timur Indonesia saat ini terus kita kembangkan. Hari ini sudah selesai pembangunan terminal penumpang yang baru, seluas 7.200 meter persegi dengan kapasitas 638.000 penumpang per tahun. Sangat besar sekali. Terminal baru ini kita harapkan bisa meningkatkan kualitas pelayanan terhadap penumpang dan kita harapkan makin tertata, makin bersih dan makin nyaman agar penumpang terlayani dengan baik di bandara ini,” ucap Presiden Jokowi.

Ke depan, lanjutnya, kapasitas bandara akan terus ditingkatkan untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang. Selain itu untu mengantisipasi peningkatan mobilitas masyarakat dan aktifitas ekonomi yang ada, serta memudahkan mobilitas orang, barang dan jasa. “Sehingga ekonomi kita semakin efisien, bisa meningkatkan daya saing negara kita dalam persaingan global. Itulah pentingnya infrastruktur, karena sejak tujuh tahun terakhir, kita harus membangun dan mengembangkan bandara, membangun pelabuhan untuk memperlancar konektofitas tol laut, serta membangun jalan di seluruh penjuru tanah air,” sambung Jokowi.

Orang nomor satu RI ini juga menyampaikan pesan khusus kepada Bupati Merauke untuk memanfaatkan bandara dengan baik guna mendorong lahirnya sentra-sentra ekonomi baru di Kabupaten Merauke dan sekitarnya.

“Saya ingin berpesan kepada semua, terutama Bupati Merauke agar memanfaatkan bandara ini dengan sebaik-baiknya dan mendorong lahirnya sentra-sentra ekonomi baru di Kabupaten Merauke dan sekitarnya, serta meningkatkan daya saing daerah dalam ekspor dan investasi sehingga betul-betul bisa bermanfaat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Merauke dan umumnya untuk kemajuan Tanah Papua,” pinta Jokowi.

Di tempat yang sama  Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, dalam laporannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang telah bersedia meresmikan Bandara Mopah.

Dikatakan, Kemenhub ke depan akan terus mengembangkan fasilitas perhubungan terutama di Bandara Mopah Merauke. Terminal ini sendiri telah digunakan selama 2 tahun selama ini.  (ulo/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *