Penularan Covid Minim, Jumlah Pasien Terus Menurun

Jhon Richard Banua, SE, MSi (Denny/Cepos)

WAMENA- Ketua Percepatan Penanganan Covid-19 Jayawijaya Jhon Richard Banua, SE, MSi

memastikan bahwa penyebaran Covid-19 di Jayawijaya terus mengalami penurunan. Jumlah pasien baru yang terpapar sangat minim dan pasien  yang dirawat juga terus menurun.

  Berdasarkan data yang dihimpung Cenderawasih Pos dari Satgas Covid, pada  24 September lalu, jumlah pasien Covid -19 yang dirawat 90 orang, namun ada 8 pasien yang dinyatakan sembuh  sehingga menjadi 82 pasien dan tidak ditemukan warga yang terpapar. Sampai dengan awal Oktober, jumlah pasien Covid -19 tinggal 71 orang. Namun, Sabtu (2/10) lalu, ada tambahan 1 pasien yang terpapar  sehingga menjadi 72 Pasien.

  “Saat ini kita sudah di angka 72 pasien Covid-19 yang masih dirawat, dan ada 36 pasien yang dinyatakan meninggal dunia, meskipun kita pernah sampai diangka 400-an, tetapi dengan penanganan yang ada kita bisa turunkan,” ungkap Jhon Banua  Sabtu (2/10) kemarin.

   Ia menyatakan meskipun saat ini pasien Covid -19 masih ada namun untuk penyebaranya tidak banyak lagi yang ditemukan, ini dikarenakan banyak warga di Zona 1 dan sebagian Zona 2 sudah banyak yang melakukan vaksinasi sehingga kemungkinan bisa terhindar dari virus Corona ini.

   “Kami ingin mengajak masyarakat Jayawijaya untuk berkomitmen mengakhiri penularan Covid -19 dengan terus mematuhi protokol kesehatan dan terus menekan laju Covid -19 hingga 0, karena kita lihat jumlah pasien yang terpapar kini tak banyak lagi,”katanya.

   Ia menambahkan sampai saat ini pengawasan terhadap kendaraan yang masuk melalui jalur darat dari Jayapura melalui Yalimo masih tetap  dilakukan pemeriksaan kepada sopir dan kondekturya. Hal ini masih terus dilakukan karena pemerintah menjaga wilayah Jayawijaya agar virus ini tidak terus berkembang. (jo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *