Masih di Papan Bawah

Persipura Yohanes Ferinando Pahabol FOTO: SALMAN TOYIBI/JAWA POS

2 Madura United vs Persipura 2

JAYAPURA-Persipura Jayapura hanya mampu bermain imbang saat menghadapi Madura United dengan skor 2-2 pada lanjut Liga 1 pekan keenam di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (3/10).

Dua Gol Persipura dicetak Ricky Kayame (54’) dan Ferri Pahabo (67’). Sementara dua gol Madura United diciptakan Rafael Silva (10’) dan David Laly (57’).

Dengan hasil imbang ini, Persipura masih menempati peringkat 16 dengan koleksi 5 poin dari 6 penampilannya. Sementara Madura United, tambahan satu poin mendongkrak posisi mereka ke peringkat 10 dengan 7 poin.

Pelatih kepala Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago mengaku bahwa pemainnya tampil baik dalam pertandingan. Hanya saja pemain yang diturunkan belum bisa mengimbangi kekuatan dari tim lawan yang unggul dalam postur tubuh.

Apalagi dalam pertandingan ini, Jacksen juga kehilangan beberapa pemain pentingnya. Duo asingnya, Takuya dan Yevhen belum bisa dimainkan, begitu juga dengan Gunansar Mandowen dan Ramai Rumakiek yang ikut dalam rombongan Timnas ke Thailand.

“Pertandingan ini sangat menguras tenaga. Kita bermain dua kali dengan waktu 5 hari itu jelas menguras tenaga dan kita juga kehilangan beberapa pemain kunci kita. Tapi sebenarnya kita mendapatkan beberapa moment terbaik, tapi lawan yang kita hadapi juga dari aspek tubuh mereka jauh lebih unggul dengan kita,” ungkap Jacksen dalam zoom meeting, Minggu (3/10).

Meskipun hanya meraih satu poin, pelatih asal Brasil itu tetap mengapresiasi perjuangan pemainnya yang dinilai terus membaik.

“Perjuangan dari pemain sangat luar biasa dan saya berikan aprasi. Ini bukan hasil yang kita inginkan, tapi pemain kita dari 6 pertandingan mampu memberikan perlawanan yang baik,” ujar Jacksen.

Pelatih berusia 53 tahun itu juga membeberkan alasan timnya tampil lebih moncer di babak kedua. Legenda hidup PSM Makassar dan Persebaya Surabaya itu mengaku bahwa pemainnya lebih aktif menjalankan strategi pada babak kedua dari pada babak pertama.

“Begitu masuk dalam ruang ganti, kami memaparkan apa yang harus dilakukan oleh pemain dan kuncinya itu ada di Todd dan Ian Kabes. Karena kami meminta mereka harus melakukan gerakan untuk menciptakan ruang seperti yang kita rencanakan,” ucap Jacksen.

Ia berharap, pada seri kedua, ia bisa menurunkan seluruh pemain asingnya. Ia menegaskan bahwa mereka harus bangkit pada seri kedua jika masih ingin bersaing pada papan atas.

“Harapan saya cuma satu, seri kedua nanti saya punya kesempatan untuk kekuatan tim lengkap, supaya kita bisa memberikan tontonan yang menarik. Seri kedua kita punya target yang jelas, kita harus mendapatkan 10-15 poin untuk bisa bersaing di papan atas. Dan yang paling penting tim kita harus lengkap dan jika tim lengkap tim Persipura menjadi tim yang jauh lebih baik lagi,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu pemain Persipura, Fridolin Yoku tetap bersyukur dengan hasil imbang tersebut. Mengingat tim yang mereka hadapi juga bermain cukup baik dan mereka juga sedang dalam kondisi yang kurang.

“Dari kami pemain tetap bersyukur dengan hasil in, ini pertandingan yang seru dan semoga kedepan bisa berbenah dengan kekurangan kami agar bisa lebih baik pada seri kedua,” pungkas Yoku. (eri/nat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *