Mantan Atlet Kecewa, Banyak Kontrak Atlet Luar Papua

Kartika Monim. (Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Mantan atlet voli nasional asal Sentani, Kabupaten Jayapura, Kartika Monim mengaku kecewa dengan Panitia Besar (PB) PON Papua, karena banyak merekrut atlet luar daerah untuk membela Papua di berbagai cabang olahraga pada penyelenggaraan Pekan PON XX tahun 2021.

“Saya sangat kecewa dengan PB PON Papua karena banyak merekrut atlet-atlet dari luar Papua untuk membela Papua,” kata Kartika Monim kepada wartawan di Sentani, Sabtu, (2/10).

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh PB PON Papua pada PON kali ini sangat tidak mendidik.  Karena menurutnya, ada banyak atlet-atlet berbakat asli Papua pada sejumlah cabang olahraga untuk membela atau membawa nama besar Papua.

“Atlet dari luar itu kan dibayar dan mereka hanya bertanggungjawab terhadap perolehan medali.  Tetapi mereka tidak akan bertanggung jawab terhadap masa depan atlet muda,” tandasnya.

Menurutnya, alasan minimnya pemain  yang berkualitas untuk mengisi sejumlah kebutuhan di beberapa Cabor yang ada di PON Papua kali ini sebenarnya itu bukan alasan yang tepat.  Karena jika pemerintah menginginkan hasil yang baik, sesungguhnya pembinaan atlet secara berjenjang itu jauh lebih baik dari pada menggunakan konsep instan yang merekrut atlet dari luar untuk kepentingan PON.

” Menurut saya, uang yang dipakai untuk kontrak sejumlah atlet atau pemain itu mendingan dipakai untuk membawa atlet-atlet dari Papua ke luar Papua berlatih. Bila perlu kita datangkan pelatih yang baik dari luar untuk melatih anak-anak kita yang ada di Papua.  Saya pikir itu lebih tepat daripada kontrak atlet,”ujar mantan atlet sea games 1983 itu. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *