Kirab Api PON Diwarnai Putusnya Kabel Listrik

Rombongan kirab Api PON saat tiba di Pantai Kalkote Sentani, Sabtu (2/10). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI- Kirab api PON yang melalui jalur danau Sentani Kabupaten Jayapura diwarnai dengan adanya insiden kabel listrik yang putus akibat terseret oleh speed boat pihak kepolisian saat mengawal jalannya prosesi kirab api PON di Danau Sentani,  tepatnya di sekitar area Pantai Kalkhote, Distrik Sentani Timur, Sabtu (2/10).

Insiden putusnya kabel listrik yang membentang dari daratan Pantai Kalkote hingga ke Kampung Asei Kecil,  sempat membuat rombongan dan juga masyarakat yang turut menyaksikan prosesi tersebut panik.

Beruntung, insiden itu tidak memakan korban. Mengenai persoalan itu, Bupati Jayapura, Mathius Awoituw, SE, M.Si  sudah meminta kepada pihak PLN Jayapura untuk memperbaiki alur bentangan kabel listrik yang membentang di atas danau Sentani itu.  Karena menurutnya, bentangan kabel yang melintasi di atas danau Sentani itu selain mengancam nyawa manusia, tapi juga memberi kesan buruk terhadap pemandangan alam yang indah di Danau Sentani itu.

“Itu dibentang tidak beraturan. Saya sudah minta dan bahkan marah-marah juga. Tapi mereka tidak hiraukan,” ungkap Mathius Awoitauw saat mengetahui adanya insiden kabel putus itu.

Apa yang dikhawatirkan itu, kini sudah terjadi. Insiden putusnya kabel itu sangat mengancam keselamatan nyawa manusia. Apalagi daerah itu merupakan salah satu jalur teramai yang dilalui oleh masyarakat setiap hari sebagai akses pulang pergi dari kota ke kampung.  Karena itu, Bupati Jayapura juga meminta agar kabel-kabel yang dibentangkan di atas danau Sentani itu harus ditata baik dan tidak terlalu rendah.

“Sekarang kita sudah punya tiga kapal besar dan kita ingin tidak ada lagi penghambat seperti kabel-kabel listrik di atas danau.  Kita tidak melarang, tetapi kabel ini harus dibentangkan sebaik mungkin,  dan harus lebih tinggi sehingga tidak ada potensi yang bisa mengancam keselamatan jiwa masyarakat,”tegasnya.(roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *