Kesalahan Teknis,  Pilot Gantole Asal Sumbar Mendarat di Atap Rumah Warga

Petugas saat mengevakuasi pilot gantole yang jatuh setelah adanya kesalahan teknis di Lapangan Advent Doyo Baru Sentani, Minggu, (3/10). (Dok istimewa)

SENTANI-Nasib naas dialami oleh Haidir Anam, salah satu pilot gantole yang berasal dari Sumatra Barat (Sumbar). Dia terpaksa dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis setelah gagal mendarat sempurna. Haidir yang mendarat di atap rumah warga di sekitar lapangan terbang Advent Doyo Baru itu, mengalami sejumlah luka di beberapa bagian tubuhnya.

Informasi yang dihimpun media ini, kejadiaan naas itu bermula saat pilot tersebut dengan peralatan terbangnya mengalami kesalahan teknis saat ditarik pada saat start terbang. Dia kemudian terpaksa mendarat darurat di rumah warga dan mengakibatkan dia luka-luka.

” Insiden tersebut berawal saat akan melakukan penerbangan, yang mana starnya sudah tidak bagus atau goyang, sehingga pilot langsung melepas tali yang ditarik dari pesawat. Sehingga jatuh di salah satu rumah sekitar venue tersebut,”ujar sumber yang enggan dikorankan namanya, Minggu (3/10).

Setelah kejadian itu, pihak keamanan yang terdiri dari TNI/Polri dan pihak SAR langsung mendatangi TKP untuk melakukan pengamanan dan mengevakuasi korban. Selanjutnya korban langsung dilàrikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Yowari untuk mendapatkan penanganan medis.

Terkait kejadian tersebut, Wakil Ketua ll Sub PB PON Klaster Kabupaten Jayapura, Albert Yoku saat dikonfirmasi wartawan mengaku turut perihatin dengan insiden itu. Karena itu, pihaknya berharap insiden ini tidak boleh terulang lagi.

“Iya, saya harap hal ini tidak terulang lagi, karena kecelakaannya sangat berbahaya bagi atlet bersangkutan, oleh karena itu, kami sebagai panitia meminta kepada para pelatih untuk berikan pembekalan yang baik, supaya di waktu-waktu berikutnya tidak terulang lagi,” tambahnya. (roy/tho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *