Jabar Buka Peluang Kerja Sama dengan UMKM Papua

Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama Kepala Bank Indonesia Perwakilan Papua, Naek Tigor Sinaga, Minggu (3/10) kemarin. (Gratianus silas/cepos)

JAYAPURA– Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, membuka peluang kerja sama dengan UMKM Papua. Menurutnya, Papua memiliki potensi yang besar untuk pengembangan UMKM dalam pertumbuhan ekonomi.

“Saya harap, kerja sama dengan UMKM Papua. Karena Papua itu potensinya besar, tinggal ilmu mengolah dan ilmu marketingnya. Jawa Barat bersedia menjadi saudara Papua untuk kerja sama meningkatkan kualitas UMKM di Papua,” ujar Ridwan Kamil, Minggu (3/10) kemarin.

Hal ini diungkapkan Kang Emil kala mengunjungi Festival PON, Kopi Papua, dan UMKM Kota Jayapura di Terminal Mesran, Minggu (3/10) kemarin, usai mengikuti Opening Ceremony PON Papua di Stadion Utama Lukas Enembe, Sabtu (2/10).

“Untuk UMKM kita di Jabar tumbuh 40 persen melalui ekonomi digital. Sehingga Jabar banyak inovasinya. Kemudian, selama pandemi, kita wajibkan ASN beli produk UMKM. UMKM Jabar yang terbaik juga kita kirim ke pameran di luar negeri. Kita punya program satu desa satu produk, sehingga inilah yang buat kreativitas UMKM Jabar tiada henti,” ujarnya.

Ini juga bagian dari pengendalian inflasi di Jawa Barat dengan membina semua kabupaten. Semuanya memiliki tim pengendali inflasi yang dimonitor langsung. “Kita gunakan digital data untuk lihat perkembangan harga harian, sehingga kalau ada anomaly, kita langsung intervensi,” pungkasnya. (gr/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *