Penataan Pantai Khalkote Capai 95%

Salah satu panggung yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam rangka mendukung penyelenggaraan PON. Foto ini diambil, Jumat, (1/10). (Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Guna menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura menata kembali kawasan Pantai Kalkote yang ada di Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura. Saat ini penataan kawasan tersebut sudah mencapai 95%.
Koordinator Bidang Sosial Budaya Sub PB PON Kabupaten Jayapura, Joko Sunaryo mengatakan, penataan kawasan itu akan dipakai pada saat kirab Api PON mengelilingi Danau Sentani.
“Jelang opening seremoni PON, penataan lokasi pariwisata sudah mulai dilakukan, salah satunya Pantai Khalkote yang berada di Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, sudah mencapai 95 persen,”ujarnya.
Penataan Pantai Kalkote itu selain tempat untuk pentas seni juga sebagai tempat jualan atau tempat usaha UMKM yang ada di Kabupaten Jayapura. Tempat itu nantinya akan dipakai oleh tamu PON untuk mengikuti kegiatan seremonial kirab Api PON.
Khusus untuk panggung yang sudah dibangun pihaknya itu, nantinya akan digunakan sebagai tempat pertunjukan seni, tujuannya untuk pemberdayaan masyarakat di bidang seni dan budaya.
“Dengan adanya pentas seni, tentunya akan adajuga berbagai kearifan lokal, yakni dari pernak-pernik hingga kulinernya. Oleh karena itu, kami harap pada saat PON berlangsung, tempat ini bisa menjadi sentral kuliner maupun sentral budaya,”ujar Joko.
Ia menjelaskan, proses penataan lokasi tersebut dimulai pada akhir September hingga saat ini. Oleh karenanya pihaknya menargetkan 1 Oktober kemarin pekerjaannya sudah selesai dan hari ini, 2 Oktober sudah bisa digunakan tempatnya.(roy/tho)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *