Dapat Sentuhan Ridwan Kamil, Alun-alun Sorong Kian Menarik

KAB. SORONG –* Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil terinspirasi banyak hal dalam mendesain Alun-alun Aimas di Kabupaten Sorong. Salah satunya adalah bangunan koridor yang menyerupai pohon-pohon besar.

 

“Bangunan di depan itu inspirasinya memang dari banyaknya pohon-pohon besar di sini yang diwujudkan dalam bentuk struktur,” kata Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– saat meresmikan Alun-alun Aimas di Kabupaten Sorong, Jumat (1/10/2021).

 

Kang Emil berpandangan bahwa alun-alun adalah tempat istimewa. Alun-alun merupakan jantung kota tempat berkumpulnya masyarakat. Oleh karena itu, alun-alun pun harus memuat simbol-simbol kebudayaan daerah setempat.

 

“Maka pas saya gambar, harus ada ragam hias, ragam budaya. Lalu ada juga fasilitas olahraga, dan lainnya,” kata Kang Emil.

 

Revitalisasi Alun-alun Kabupaten Sorong terbagi dua sisi, yakni sisi utara dan selatan. Kang Emil sendiri meresmikan Alun-alun Kabupaten Sorong sisi utara yang sudah selesai direvitalisasi. Tahap berikutnya, revitalisasi akan dilakukan untuk sisi selatan.

 

Sebagai wujud kebermanfaatan yang selama ini dianutnya, kata Kang Emil, ia menghadap pemerintah pusat untuk mempertimbangkan membiayai revitalisasi sisi selatan Alun-alun Aimas Kabupaten Sorong.

 

Dalam merancang desain, Alun-alun Kabupaten Sorong tidak hanya sebagai Ruang Interaksi Masyarakat, tetapi juga sebagai landmark kawasan, ruang terbuka hijau kota, dan penataan ruang-ruang publik lainnya, seperti trotoar dan persimpangan jalan.

 

Kang Emil berharap Alun-alun Kabupaten Sorong yang tampil dengan wajah baru dan fasilitas yang komplet dapat meningkatkan Indeks Kebahagiaan masyarakat Sorong. Selain itu, alun-alun diharapkan dapat mendorong Kabupaten Sorong menjadi daerah yang lebih maju.

 

“Pembangunan Alun-alun Aimas ini merupakan bentuk dari persaudaraan antara masyarakat Jabar dan Papua. Dengan hadirnya ruang publik yang nyaman, diharapkan dapat meningkatkan indeks kebahagiaan warga Sorong,” ucap Kang Emil.

 

Bupati Sorong Johny Kamuru puas dengan wajah baru alun-alun. Ia berharap masyarakat Sorong dapat melestarikan ruang publik tersebut. Ia berharap keberadaan Alun-alun Aimas dapat meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat Sorong. Apalagi saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti taman bermain.

 

“Kita puas, saya kira alun-alun ini milik kita semua dan harus dijaga oleh semuanya kalau mempunyai rasa memiliki. Harapannya kebahagian akan naik, karena mereka ini duduk santai, apalagi ada WiFi gratis sudah ada,” katanya.

 

*HUMAS JABAR*

*Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika*

*Provinsi Jabar*

*Setiaji*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *