Di Lapangan Kingmi, Pertandingan Panahan Resmi Dimulai

Atlet panahan Papua, Isodaak Elopere berlatih di Venue Panahan Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (25/9/2021), Papua menargetkan tiga emas dari cabor panahan,Lomba Panahan PON Papua Resmi Digelar. (PB PON For Cepos)

JAYAPURA—Ketua Harian PB PON XX Papua, DR. Yunus Wonda secara resmi membuka Kejuaran Cabang Olahraga (Cabor) Panahan pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua di Lapangan Kingmi, Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua.

Sebanyak 160 atlet, terdiri dari 80 atlet pria dan 80 atlet putri dari 20 kontingen se-Indonesia, hadir memperebutkan 15 medali pada event olahraga empat tahunan kali ini di Bumi Cenderawasih.

Ketua Panpel Cabor Panahan, Hengki Sawaki kepada pers mengatakan, ada 3 divisi yang dilombakan pada cabor panahan kali ini yakni divisi recurve, compound, dan nasional.

“Pada pembukaan ini, masih diperlombakan babak kualifikasi (aduan) guna menentukan siapa yang lolos ke babak selanjutnya. Di aduan ini, nanti ditemukan siapa yang juara. Dan dari aduan tersebut, akan dilihat masing-masing kontingen memasangkan regunya seperti apa. Sebab biasanya beregu itu diambil tiga yang terbaik, dalam satu timnya terdiri dari 3 orang,” kata Hengky, Kamis (30/09)

Ia mengatakan, setelah perlombaan beregu putra dan putri usai, maka dilanjutkan dengan mixem terbaik putra maupun putri itu yang dipasangkan sehingga total medali yang ada di panahan itu menjadi 15 medali.

Hengky yang juga Ketua Harian Pengprov Perpani Papua menjelaskan, kontingen tuan rumah menurunkan 23 atlet panahan dari 12 atlet putra dan 11 atlet putri. Papua menargetkan tiga medali emas dari cabor ini, dan ia optimis target itu bisa dicapai. Sebab sudah dua tahun lamannya para atlet panahan Papua sudah menjalani latihan di luar Papua.

“Kalau fisik itu bagus, tapi harus didukung dengan konsentrasi dan ketenangan para atlit. Intinya harus menguasai angin atau alam, karena di panahan faktor angin turut berpengaruh. Kami berharap dukungan doa dan motivasi dari seluruh masyarakat Papua agar target 3 emas tercapai,” kata Hengky. (PBPON/eri/gin)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *