Bidang Pertandingan Peparnas Siapkan 1800 SDM

Stadion Lukas Enembe. (Erik / Cepos)

JAYAPURA – Koordinator Bidang Pertandingan PB Peparnas XVI Papua, Slamet membeberkan, bahwa untuk mendukung pelaksanaan Pekan Paralimpik Nasional atau Peparnas XVI Papua, mereka akan melibatkan sekitar 1800 SDM.

Menurut Slamet, 1800 SDM terdiri dari beberapa perangkat pertandingan, keamanan dan medis yang ada di venue pertandingan.

“SDM sudah lama dibentuk, dan hari ini hanya verifikasi kelengkapan berkas mereka saja, kalau semuanya itu ada 1800 SDM yang kita pakai,” ungkap Slamet kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Rabu (29/9) siang kemarin.

“SDM yang akan dilibatkan itu ada dokter klasifikasi, wasit juri, tenaga lapangan, tenaga medis, keamanan dan juga UPP. Jadi 1800 itu sudah disertifikasi dan sesuai dengan kebutuhan,” sambung Slamet.

Untuk wasit juri, Slamet menyebutkan bahwa mereka akan menggunakan wasit juri yang sudah berpengalaman dan memiliki sertifikat atau berlisensi nasional. Bahkan beberapa diantara wasit juri yang akan digunakan telah memiliki pengalaman memimpin pertandingan dunia seperti Asian Para Games.

“Kalau wasit juri tidak perlu diragukan lagi, sebagian besar wasit yang kita gunakan ini dari luar Papua, karena wasit itu harus bersertifikat. Dari Papua baru ada 1 atau 2 yang sudah bersertifikat. Kemudian wasit yang kita gunakan ini mereka sudah memimpin pertandingan Asian Para Games Indonesia 2018 lalu, intinya harus bersertifikat, karena itu syarat utama untuk memimpin pertandingan,” pungkas Slamet.

Sekadar diketahui, Peparnas XVI Papua akan dilaksanakan di kota dan kabupaten Jayapura dengan mempertandingkan 12 cabang olahraga pada 2-15 November 2021 mendatang. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *