Hari Pertama, Papua Dominasi Perolehan Medali Emas Cabor Sepatu Roda

Dua putri asal Papua Deitalianis Stegrian peraih medali emas dan Zhahwa Harmalia Putri peraih medali perunggu Cabor Sepatu Roda Putri Nomor Sprint ITT 400m PON XX Papua, Gedung Kanselir Klemen Tinal Roller Sport Arena, Kota Jayapura, Senin (27/09/2021), (FOTO : PB PON XX PAPUA/Syahru Romadhon)

Jakarta– Kontingen PON XX Papua mendominasi perolehan medali emas dari cabang sepatu roda dengan mengumpulkan empat emas pada hari pertama penyelenggaraan yang digelar di Arena Klemen Tinal Roller Sport, Kota Jayapura, Senin (27/9).

Emas pertama Papua dari cabang sepatu roda putra nomor ITT 100 M disumbangkan Dave Emmanuel Abel dengan catatan waktu 7,751 detik. Di posisi kedua membuntuti atlet asal Sumatera Utara, Muhammad Khadafi, lewat catatan waktu 7,783 detik. Sementara medali perunggu diraih atlet asal Sumatera Selatan Muhammad Bagus Mardevi dengan catatan waktu 7,875 detik.

Ghea Ivana Kusuma Rachman menyumbangkan emas kedua bagi Papua pada nomor ITT 100 meter putri dengan torehan waktu 10,170 detik. Sementara medali perak direbut Rifa Moza Rizqia asal Kaltim lewat catatan waktu 10,286 detik dan perunggu diraih Saskia Nayra Qatrinnanda asal Banten dengan catatan waktu 11,210 detik.

Emas ketiga bagi Papua disumbangkan Jeremia Wiharja di nomor ITT 400 meter putra lewat catatan waktu 31,475 detik, kemudian disusul Nafi’dhiyah Pradhiasta asal DKI Jakarta (31,644 detik) dengan raihan medali perak, sedangkan perunggu menjadi milik Hilmanafika Sagarmantha asal DI Yogyakarta (32,346 detik).

Pundi-pundi emas Papua tidak berhenti di Jeremia, pada nomor ITT 400 meter putri, Deitalianis Stugriam berhasil mencatatkan waktu terbaik 35,367 detik, lalu disusul atlet asal DKI Jakarta Latisha Luna Sasmito (35,435 detik) dan tempat ketiga diduduki Zhahwa Harmalia Putri asal Papua (35,460 detik).

Sementara itu Ketua Pengprov Persatuan Olahraga Sepatu Roda Indonesia (Porserosi) Papua, Jeffri Abel, bersyukur dan mengkau bangga dengan torehan 4 medali emas yang diraih cabornya pada perhelatan PON XX 2021.

Torehan emas ini masing-masing berasal dari nomor sprint 100 meter putra dan putri, serta nomor sprint 400 meter putra dan putri. Dengan hasil ini, Abel mengaku bahwa target yang dipasang untuk meraih 4 emas pada cabor sepatu roda telah terpenuhi.

‘’Kami membuktikan janji itu kepada pemerintah dan masyarakat Papua bahwa atas tuntunan Bapa di Surga, target tercapai bahkan ketambahan satu medali perak,” terang Jeffri Abel, Senin (27/9) kemarin.

Tak sampai di situ, tambahan medali perunggu juga berhasil diamankan tim sepatu roda Papua, yang diraih Zahwa Putri ITT nomor 400 meter dengan waktu tempuh 35.460.

“Target kita hanya empat medali emas namun kita mendapatkan satu tambahan medali dari perunggu,” jelasnya

Perolehan medali ini kata Abel diharapkan bisa membangkitkan minat anak-anak muda pada Cabor Sepatu Roda bahwa olahraga ini cukup baik dan mampu membangkitkan harga diri pribadi, keluarga, daerah dan negara.(Antara/gra/JawaPos)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *