Anggaran PON XX Rp 831 M Segera Dicairkan

Kamasan Jack Komboy. (Jack for Cepos)

JAYAPURA – Dukungan anggaran untuk perhelatan PON XX Papua sebesar Rp. 831.869.575.000,- akan cair paling lambat hari selasa nanti. Anggaran tersebut merupakan tahap pertama dari APBN yang akan dikucurkan pemerintah pusat untuk membantu pelaksanaan perhelatan PON XX Papua sebesar Rp 1,4 triliun.

Hal tersebut diutarakan saat Pansus PON XX dan Peparnas XVI Papua bertemu Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Drs. Gatot Sulistiantoro Dewa Broto, M.B.A serta Direktur Anggaran Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Dr. Purwanto, S.E, M.Sc secara virtual pekan lalu.

Ketua Pansus PON XX dan Peparnas XVI, Kamasan Jack Komboy mengatakan, pertemuan tersebut dilakukan karena tim Pansus meminta kejelasan terkait anggaran Rp 1,4 triliun mengingat perhelatan PON XX Papua beberapa diantaranya sudah berjalan.

“Pada pertemuan sudah jelas dan disampaikan oleh Pak Purwanto dari Kemenkeu bahwa urusan Kemenkeu sudah selesai untuk proses pencairan anggaran Rp 831 Miliar tahap pertama,” ungkap Jack, Jumat (24/9) malam.

Dibeberkan, proses pencairan tersebut sudah selesai di Kemenkeu maupun Kemenpora, tinggal menunggu proses transfer melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) pada hari Senin atau Selasa.

“Tadi Kemenpora melalui Sesmenpora menyampaikan bahwa paling lambat hari selasa sudah proses pencairan. Tinggal berkasnya masuk hari senin dipastikan oleh Sesmenpora hari selasa proses pencairan berjalan,” beber Jack.

Legenda hidup Persipura Jayapura itu mengungkapkan, untuk pencairan anggaran tahap kedua masih menunggu data lengkap dari 2 bidang yang dianggap belum melengkapi data pendukung dan kontrak. “Dari 8 bidang, sisa 2 bidang yang belum lengkap datanya yaitu bidang kesehatan dan sarana prasarana,” ujarnya.

Ia berharap, dalam waktu dekat PB PON dapat menyiapkan kelengkapan dokumen dari 2 bidang tersebut agar anggaran tahap kedua segera cair.

“Kami berharap PB PON segera menyiapkan kelengkapan dokumen itu dalam waktu dekat agar melengkapi segala persyaratan itu supaya tahap kedua segera cair,” jelas Jack.

Jack Komboy juga mengingatkan, begitu dana tersebut dikirim kepada PB PON Provinsi Papua, dana tersebut agar segera didistribusikan ke klaster-klaster penyelenggaraan PON.

“Saya berharap dana yang turun tahap pertama sebesar Rp 831.869.575.000,- apabila sudah dikirim dan diterima, segera didistribusikan pada setiap klaster sesuai dengan peruntukannya yang sudah dihitung dan dianggarkan,” tegas Jack.

Jack meminta agar dana tersebut tidak mengendap terlalu lama karena ada kebutuhan yang mendesak. “Kami lihat masing-masing klaster sudah siap untuk menyambut anggaran ini dan kami berharap apabila anggaran sudah ditransfer ke PB PON kami sekali lagi meminta untuk segera didistribusikan sehingga semua kebutuhan di lapangan dapat dipenuhi,” ujar Jack.

Jack Komboy juga berpesan agar dana tersebut dapat dikelola dengan baik, baik secara distribusi maupun secara administrasi. “Dengan begitu, setelah event ini berakhir, semua tetap berjalan lancar dan hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi,” tutup Jack. (eri/gin).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *