100 UMKM OAP Dilibatkan Peroleh Bantuan Pemberdayaan Ekonomi   

Tenda-tenda yang sudah dipasang untuk kirab Api PON XX juga akan digunakan  sebagai tenda untuk UKMK OAP untuk  mempromosikan dan menjual souvenir dan kuliner khas Papua.   (Sulo/Cepos)

MERAUKE-Dalam rangka pemberdayaan para pengusaha mikro, kecil dan  menengah (UMKM) khusus  orang asli Papua, Bagian  Perekonomian Setda Kabupaten Merauke melakukan perekrutan  kemudian diverifikasi oleh Disperindagkop Kabupaten Merauke.

   Plt Kepala Dinas  Perindustrian Perdagangan Koperasi (Perindagkop) Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Kabupaten Merauke Erick Rumlus, SSos mengungkapkan perekrutan tersebut sudah dilakukan oleh Bagian  Perekonomian Setda Kabupaten Merauke.  “Data itu sudah masuk ke kami sementara  kami melakukan verifikasi,” tandas Erick Rumlus saat ditemui Cenderawasih Pos di ruang kerjanya

   Dikatakan, usaha mikro, kecil dan menengah khusus orang asli Papua ini mendapatkan bantuan pemberdayaan ekonomi masing-masing sebesar Rp 10,5 juta.  Selain mendapatkan bantuan usaha tersebut,  kata Erick Rumlus, mereka juga dilibatkan untuk mempromosikan dan menjual usaha mereka baik dalam bentuk souvenir,  kuliner Papua di depan kantor bupati Merauke.

  “Kita akan pusatkan di  depan kantor bupati dan monumen kapsul waktu, sehingga masyarakat atau atlet yang mau datang membeli souvenir maupun kuliner khas Papua terpusat disitu.  Nanti jalan itu kita tutup,’’ kata  Erick.

   Dikatakan, tenda akan dipasang mulai dari pelaksanaan gebyar penyambutan Api PON sampai pada pelaksanaan PON XX di Papua. Di situ, jelas dia akan dipasang tenda  yang mana  tenda yang dipasang tersebut merupakan bantuan dari Gubernur Papua 60 buah dan bantuan bupati sebanyak 50 buah.

  Ditambahkan, pemusatan souvenir dan kuliner  khas Papua tersebut  dilakukan agar prokes dari pengunjung tetap bisa dikontrol. Soal adanya tenda yang sudah dipasang untuk kirab Api PON XX, Erick menjelaskan bahwa  tenda-tenda itu juga akan dipakai sampai  PON selesai. (ulo/tri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *