Satgas Ops Deraku Cartenz 2021 Siap Amankan Venue dan Akomodasi PON

Kasatgas Ops Deraku Cartenz 2021 Brigjen Pol Suhendri, S.H, S.I.K mengecek kesiapan anggota saat apel pasukan di stadion Lukas Enembe. (ELFIRA/CEPOS)

Foto apel pasukan yang dipimpin Kasatgas Deraku. (ELFIRA/CEPOS)

#Deteksi Dini, Apel Gelar Pasukan Pengamanan PON 2021 di Halaman Stadion Lukas Enembe

JAYAPURA – Kasatgas Ops Deraku Cartenz 2021 Brigjen Pol Suhendri, S.H, S.I.K memimpin langsung kegiatan apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan Pekan Olahraha Nasioanal (PON) XX tahun 2021 di halaman stadion Lukas Enembe, (24/9).

Apel gelar pasukan tersebut dihadiri  Waka Ops I Satgas Deraku Cartenz Kombes Yuri, Waka Ops II Satgas Deraku Cartenz Kombes Pol Jermias Rontini, S.I.K, Kombes Iwan S Perwira Pengendali Brimob Nusantara, Dir Pam Obvit Polda Papua Kombes Pol Nicolas Ary Lilipaly, S.IK., MH., M.Si, Kabid Propam Polda Papua Kombes Pol F. Sanches Napitupulu, Kapolres Jayapura, AKBP Frederikus.

Kasatgas Ops Deraku Cartenz 2021 menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengecek kesiapan PAM PON XX Tahun 2021 sebagai salah satu objek Vital di Papua dan Personil yang mengikuti apel gelar pasukan kurang lebih sebanyak 500 orang yang terdiri Brimob Maluku, Brimob Nusantara, Personil Polres Jayapura dan BKO Polda Papua.

“Saya sengaja mengecek ulang kesiapan personel dalam pelaksanaan tugas Pengamanan PON XX tahun 2021. Pengecekan ini dalam rangka memastikan bahwa personel sudah betul betul siap melaksanakan pengamanan di venue, hotel dan tempat non hotel di mana kontingen berada termasuk pengawalan yang dilaksanakan oleh lalulintas demi kelancaran dan keselamatan selama kegiatan PON ini berlangsung,” terangnya.

Lanjutnya, dari hasil pengecekan personel melihat anggota sudah siap untuk melaksanakan tugas. Rekan rekan sekalian tugas PAM PON di Papua ini memiliki tantangan tersendiri bagi kita karna pelaksanaan PON dilaksnakan di tengah Masa Pandemi Covid 19 yang melanda Kita semua. Selain itu, disibukkan untuk melakukan pengamanan kita juga harus melaksankan Vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat agar kegiatan PON ini bisa berlangsung dengan baik.

“Kita harus menyiapkan tenaga yang ekstra dikarenakan harus menjaga pelaksanaan PON dan mengajak masyarakat bagaimana agar tetap disiplin dan taat terhadap aturan yang telah di tetapkan oleh pemerintah,” pintanya.

Ia menerangkan, Presiden menetapkan Papua sebagai penyelenggara PON XX tentu ada alasannya maka dari itu kita harus mendukung pelaksanaan PON ini agar berjalan dengan baik. Adapun nilai strategis dari pelaksanaan PON di Papua ini adalah bahwa Papua adalah bagian yang tidak terpisahkan dari NKRI yang kedua adalah pesan yang ingin di sampaikan ke dunia luar bahwa Papua itu aman.

“Inilah yang menjadi tantangan untuk kita semua aparat keamanan untuk bisa mewujudkan pelaksanaan PON XX agar berjalan dengan aman tertib dan lancar. Kegiatan PON ini ada berbagai macam gangguan yang datang dari oknum oknum yang ingin menggagalkan jalannya PON XX di Papua,” terangnya.

Sehingga itu, itu kesiap siagaan anggota dituntut agar semua kegiatan bisa berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan. Dari rekan rekan intelejen harus bisa mendeteksi lebih dini hal hal yang kiranya dapat menjadi gangguan atau ancaman dalam pelaksanaan PON.

“Mari kita tunjukan sikap yang profesional dalam melaksanakan pengamanan baik itu dari diri kita dan juga institusi kita sehingga masyarakat merasa yakin, aman, dan nyaman ketika kita hadir di tengah tengah mereka,” pungkasnya. (fia/wen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *